sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Sumber Protein dan Zat Besi Tambahan Bagi Bumil yang Enggak Doyan Susu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 16 May 2022 07:00 WIB
Ibu hamil makan caption
Jakarta -

Bunda perlu memerhatikan asupan nutrisi selama hamil ya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sumber protein dan zat besi.

Sebenarnya, kedua nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu. Tapi, tak semua Bunda hamil doyan minum susu. Ada beberapa yang justru malah mual saat minum susu.

Perlu diketahui nih, protein sangat diperlukan oleh tubuh selama hamil. Menurut Ahli Nutrisi Erin Hinga, M.S., R.D., protein berperan dalam pembentukan sel-sel janin, termasuk perkembangan kulit, rambut, kuku, dan otot.


"Selama kehamilan, dibutuhkan 60 hingga 100 gram protein setiap hari, tergantung pada berat badan, tingkat aktivitas fisik, dan usia kehamilan," kata Hinga, dilansir Baby Center.

Banner Dongeng Anak Sebelum Tidur

Selain protein, zat besi juga memegang peranan penting pada tumbuh kembang janin. Zat besi dapat mencegah kekurangan sel darah merah atau anemia. Zat besi membantu memindahkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh Bunda dan buah hati.

Sumber protein dan zat besi dari makanan

Sumber protein dan zat besi bisa didapatkan dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari lho, Bunda. Selain susu, berikut 7 sumber protein dan zat besi tambahan bagi Bumil:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber protein, zat besi, serat, asam folat, dan kalsium nabati yang bagus untuk perkembangan janin. Kacang-kacangan dapat dimasukkan ke dalam menu makan atau camilan sehari-hari.

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi adalah lentil, kacang polong, buncis, kedelai, almond, dan kacang tanah.

2. Salmon

Ikan salmon adalah sumber protein hewani yang memiliki segudang manfaat untuk Bumil. Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang mendukung perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Ikan ini juga memiliki kandungan zat besi, zinc, asam folat, dan vitamin B. Bunda dapat makan ikan salon selama hamil, tapi harus yang sudah matang ya.

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 5 ide jus penambah darah untuk cegah anemia pada Bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TELUR HINGGA TAHU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!