sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Buah Penguat Kandungan Terbaik untuk Masa Awal Kehamilan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 11:10 WIB
A selection of different Summer fruits, in a variety of bowls on a painted blue wood planked farmhouse kitchen table, against a light blue background. Ilustrasi buah penguat kandungan/Foto: iStock
Jakarta -


Penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan Bunda pada masa trimester pertama kehamilan. Ini karena pada masa kehamilan menjadi tonggak awal perkembangan janin. Namun, di saat bersamaan, Bunda biasanya akan mengalami ciri hamil seperti mudah lelah, mual, sembelit, nyeri payudara, dan bahkan muntah.

Salah satu cara alami untuk menyehatkan kandungan adalah dengan mengonsumi buah penguat kandungan. Buah-buahan jenis ini diketahui dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul pada masa awal kehamilan.


Buah penguat kandungan

Semua buah-buahan sebenarnya memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh terutama pada masa kehamilan. Namun, terdapat beberapa buah penguat kandungan yang dapat Bunda konsumsi secara rutin setiap hari.

Banner Penyebab Janin Menangis dalam KandunganBanner Penyebab Janin Menangis dalam Kandungan/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

1. Pisang
Pisang sangat kaya akan nutrisi seperti vitamin B6, mangan, serta kalium. Kandungan vitamin B6 dalam pisang dapat mengatasi rasa mual atau muntah pada Bunda saat trimester awal kehamilan. Selain itu, serat pada pisang juga mampu mengatasi sembelit selama masa kehamilan.

2. Jeruk
Buah yang terkenal kaya anti-oksidan ini mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh Bunda yang memiliki riwayat anemia selama masa kehamilan. Dengan nutrisi lain, seperti kalsium, folat, kalium, dan vitamin B, jeruk juga dapat menjaga lingkungan sel telur tetap sehat.

3. Kurma
Buah kurma menjadi buah penguat kandungan trimester pertama yang baik bagi ibu hamil. Zat besi pada kurma dapat melawan anemia pada trimester pertama kehamilan. Kandungan folat di dalamnya juga mampu mencegah terjadinya kecacatan pada janin. Selain itu vitamin K dalam kurma juga sangat baik untuk tumbuh kembang janin di dalam perut.

4. Buah beri
Aneka buah beri, seperti rasberi hitam, rasberi merah, dan stroberi mengandung anti-oksidan alami dan fitonutrien anti-peradangan. Rasa asam pada buah-buahan ini juga dapat membantu Bunda hamil untuk mengurangi rasa mual.

5. Alpukat
Selain baik untuk penderita diabetes, alpukat juga baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan muda. Kandungan gizi seperti vitamin C, asam folat, vitamin B, serta kalium dapat membantu perkembangan sistem saraf, otak, dan jaringan pada bayi.

Waktu terbaik makan buah
Meskipun buah-buahan kaya akan nutrisi, Bunda tidak dianjurkan memakannya secara berlebihan. Selain soal jumlah yang dikonsumsi, waktu konsumsi buah juga penting untuk diperhatikan.

Bunda yang sedang hamil muda dan ingin mengonsumsi buah penguat kandungan lemah maka boleh memakannya pada pagi hari sebelum makan nasi. Namun, pastikan buah yang Bunda makan tidak terlalu asam sehingga aman bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit asam lambung.

Jika Bunda tidak sempat memakan buah di pagi hari, Bunda juga bisa mengonsumsi buah pada saat sore hari. Bagi ibu hamil yang ingin melakukan olahraga ringan, konsumsi buah juga disarankan sebelum memulai aktivitas berolahraga.

Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai jenis buah penguat kandungan dan waktu terbaik untuk memakannya. Meskipun semua buah tersebut baik, pastikan Bunda mengonsumsinya secara bijak dan tidak berlebihan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai apakah mi instan berbahaya untuk ibu hamil?

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!