sign up SIGN UP search


kehamilan

Fenomena Cuaca Panas Bisa Berdampak Serius Pada Bumil, Waspadai Dehidrasi

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 13 May 2022 13:50 WIB
FAKTOR UTAMA BUMIL ALAMI DEHIDARASI
Ilustrasi ibu hamil minum caption

Menjaga kesehatan selama kehamilan menjadi hal terpenting bagi Bunda. Selain harus memperhatikan asupan makanan, Bunda juga harus minum cukup air putih agar tetap terhidrasi. Sayangnya, menjaga tubuh tetap terhidrasi selama kehamilan sering sekali menjadi tantangan bagi para ibu hamil.

Padahal, selama masa kehamilan, kebutuhan cairan di dalam tubuh justru meningkat. Mengingat adanya perubahan hormonal dan fisik dapat mempercepat hilangnya cairan dan elektrolit pada tubuh ibu hamil. Dan saat kehilangan cairan dan elektrolit terlalu cepat, ini memungkinkan terjadinya dehidrasi.

Selain hal-hal tersebut, ada pula 3 faktor yang kerap menjadi penyebab utama dehidrasi di masa kehamilan lho, Bunda. Seperti halnya yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini:


1. Morning sickness

Morning sickness atau mual di pagi hari menjadi gejala kehamilan yang banyak dialami ibu hamil, bahkan hingga 50 persen. Menurut American Pregnancy Association, gejala ini biasanya terjadi pada 4-6 minggu dan puncaknya pada 9-13 minggu. Adapun gejala ini meliputi muntah, mual, peningkatan produksi keringat, dan lebih sering buang air kecil.

Semua kondisi ini tentunya mempercepat hilangnya air dan elektrolit, terutama muntah. Selain itu, mual membuat Bunda enggan untuk minum cairan sehingga dapat mempersulit penggantian nutrisi yang hilang.

2. Diare

Selama hamil, sebagian Bunda mengalami perubahan pola makan yang tiba-tiba lantaran adanya peningkatan produksi hormon atau kepekaan terhadap makanan tertentu selama kehamilan. Akibatnya, tak jarang ibu hamil yang mengalami diare. Bahkan, diare akan lebih sering terjadi di trimester ketiga, dan menjelang hari persalinan.

Diare menyebabkan tubuh kehilangan cukup banyak air dan elektrolit sehingga menyebabkan dehidrasi. Jadi, jika Bunda mengalami hal ini, segera perbanyak minum air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

3. Peningkatan volume darah

Volume darah dalam tubuh wanita hamil umumnya akan meningkat sebesar 50 persen. Sebab, ibu hamil juga memproduksi lebih banyak darah untuk membantu mengirim nutrisi ke bayi. Kondisi inilah yang membuat ibu hamil memerlukan lebih banyak cairan untuk mendukung kerja organ dalam tubuh. Jika tidak minum cukup air selama waktu ini, Bunda bisa mengalami dehidrasi.

Itulah ketiga hal yang sering menjadi penyebab dehidrasi selama kehamilan. Jadi, pastikan mengonsumsi cukup cairan selama masa hamil ya, Bunda. Sehingga kesehatan Bunda dan calon bayi tetap terjaga.

(AFN)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!