sign up SIGN UP search


kehamilan

Telat Haid Satu Bulan Belum Tentu Tanda Hamil Bun, Cek Kemungkinan Penyebab Lainnya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 16:00 WIB
Selective focus on tester.Expecting mom with cheerful face with pregnancy in hand. caption

Jakarta - Memang benar salah satu tanda awal kehamilan adalah menstruasi yang terlambat. Namun, Bunda harus memastikan hamil tidaknya melalui serangkaian diagnosis tertentu ya.

Sebab meskipun hamil adalah kemungkinan alasan atas terlambatnya menstruasi, mungkin ada faktor yang berhubungan dengan kesehatan atau gaya hidup Bunda yang menyebabkan keterlambatan. Demikian paparan Shelley White Corey, asisten profesor klinis di Texas A&M Health Science Center College of Nursing kepada Vitalrecord. 

Sementara itu, melansir dari Yourperiod, penyebab umum dari menstruasi yang tidak teratur berkisar dari ketidakseimbangan hormon hingga masalah medis, Bunda. Tidak teratur ini bisa berarti sering terlambat bahkan lebih dari satu bulan ya. Atau bisa juga sebaliknya, dalam satu bulan bisa saja Bunda menstruasi dua kali, hingga justru berbulan-bulan terlalui tanpa menstruasi. 
 
Lantas, apa yang sebaiknya Bunda ketahui saat terlambat menstruasi satu bulan?


Banner Resep Budget Rp30 Ribu

Ragam penyebab terlambat menstruasi

Melansir dari Flohealth, setidaknya terdapat beberapa kemungkinan selain kehamilan saat terlambat menstruasi. Sebagai berikut :

1. Stres

Ini adalah salah satu penyebab telat haid. Stres dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan bahkan mempengaruhi hipotalamus atau bagian otak yang membantu mengatur menstruasi. 
Stres juga dapat menyebabkan penurunan atau penambahan berat badan atau penyakit lain, yang semuanya dapat memengaruhi siklus menstruasi. 
Stres dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti perjalanan, masalah profesional dan hubungan, masalah emosional, masalah keuangan, dan masalah lainnya. 

2. Berat badan rendah

Berat badan rendah adalah alasan potensial lain terlambatnya menstruasi. Orang dengan gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa mungkin mengalami tidak adanya menstruasi. 

Jika berat badan Bunda terlalu rendah, Bunda mungkin berhenti berovulasi karena perubahan hormonal. Atlet yang berpartisipasi dalam beberapa bentuk latihan, seperti maraton, mungkin juga mengalami menstruasi yang terlewat. 

3. Obesitas

Sama halnya dengan berat badan rendah, obesitas juga dapat menyebabkan perubahan hormonal, yang menyebabkan tidak adanya menstruasi. 

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah suatu kondisi saat tubuh Bunda memproduksi lebih banyak hormon androgen pria. Karena ketidakseimbangan hormon ini, ovulasi berhenti atau menjadi tidak teratur, dan folikel yang tertahan, menjadi kista yang terbentuk di ovarium.
Hal ini menyebabkan menstruasi yang terlambat. Bersama dengan androgen, hormon lain seperti insulin juga dapat terganggu oleh PCOS. 

5. Pengendalian kelahiran atau KB

Menghentikan atau memulai pengendalian kelahiran dapat menghasilkan perubahan dalam siklus menstruasi, Bunda. Alat kontrasepsi mengandung hormon progesteron dan estrogen, yang mencegah ovarium melepaskan sel telur. 

Dalam tiga bulan, kemungkinan menstruasi Bunda akan menjadi teratur setelah Bunda berhenti atau mulai minum pil KB. Jenis kontrasepsi hormonal lain yang disuntikkan atau ditanamkan juga dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi. 

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perbedaan mual maag dan hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KARENA PENYAKIT KRONIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!