sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Alat Kontrasepsi untuk Mencegah Kehamilan, Sudah Tahu KB Darurat?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Minggu, 05 Jun 2022 18:00 WIB
Oral contraceptive pill on pharmacy counter with colorful pills strips background. caption

Jakarta - Ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan Bunda dan ayah menunda kehamilan. Bisa jadi karena mengatur jarak kelahiran buah hatinya, hingga pertimbangan kesehatan mental untuk menambah momongan, hingga persiapan biaya jika anggota keluarga bertambah.

Beberapa alasan di atas lumrah membuat Bunda memilih untuk menunda kehamilan. Oleh karena itu, mengatur jarak kehamilan menjadi solusi yang dipilih dalam hal ini. 

Beberapa hal yang biasa dilakukan untuk menunda kehamilan di antaranya adalah dengan cara alami. Misalnya menerapkan senggama putus dan pengaturan jadwal masa subur. Sehingga Bunda dan suami bisa tetap berhubungan seksual di luar masa subur yang telah ditandai.


Cara ini akan efektif mencegah kehamilan jika sudah disepakati dengan Ayah. Sehingga Bunda tidak perlu khawatir bagaimana mengatur polanya.

Banner Cara Percepat Pembukaan Saat PersalinanCara Percepat Pembukaan Saat Persalinan/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki


Nah, selain cara alami, Bunda juga bisa menunda kehamilan dengan cara yang lain lho. Apa saja ya? Yuk simak terus.

Manfaatkan kontrasepsi yang tepat

Melansir dari laman Healthqld terdapat 9 jenis kontrasepsi yang bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Bunda, sebagai berikut:

1. Kondom

Kontrasepsi kondom termasuk pilihan menunda kehamilan yang minim resiko, Bunda. Bahkan jika digunakan sesuai anjuran, tidak melewati masa kadaluarsa dan tidak terdapat robek pada permukaannya, kondom efektif menunda kehamilan hingga 98 persen, Bunda. 

Keuntungan lain menggunakannya adalah karena kondom juga efektif mencegah penularan penyakit menular seksual. 

2. Pil

Sedikit kerepotan lain dari KB pil ini, Bunda harus disiplin meminumnya sesuai petunjuk ya. Jika kecolongan barang satu kali saja, Bunda harus bersiap menerima sekecil apapun risiko munculnya kehamilan.

Namun, jika dikonsumsi secara rutin sesuai anjuran dokter, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan sangat tinggi, yaitu hingga 90 persen. Hanya saja, konsumsi pil KB memiliki beberapa efek samping, antara lain mual, nyeri payudara, hingga penurunan gairah seksual.

3. Intrauterine Device (IUD)

IUD lebih populer disebut KB spiral ya, cukup efektif untuk mencegah kehamilan, Bunda. Jika dipasang dengan benar, KB spiral mampu mengurangi risiko untuk hamil hingga 99 persen.

IUD yang dipasang pada saluran rahim akan menghalangi dan menghentikan sperma membuahi sel telur. Alat kontrasepsi ini juga aman digunakan saat menyusui dan dapat mencegah kehamilan cukup lama, yaitu sekitar 5-10 tahun, tergantung jenis IUD yang digunakan.

4. Implan

Dalam penggunaan KB implan, yang lebih dikenal dengan KB susuk. Di mana alatnya berbentuk seperti batang korek api. Susuk KB akan disisipkan ke kulit lengan atas melalui sebuah sayatan kecil pada permukaan kulit. Pemasangannya harus dilakukan oleh dokter atau tenaga medis.

KB implant mengandung hormon progestin yang dilepaskan secara perlahan dan dapat menunda kehamilan hingga 3 tahun, Bunda. Efektivitasnya dalam mencegah kehamilan bisa mencapai 99 persen. Efek samping pengggunaannya, dapat menyebabkan menstruasi terhenti dan kenaikan berat badan Bunda nih.

Bagaimana dengan pilihan alat kontrasepsi lain? Simak yuk di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Pahami keuntungan masing-masing jenis KB dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SUNTIK, KB DARURAT, HINGGA STERIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!