sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Tips agar Seks Tetap Menggairahkan Pasca Melahirkan, Anak Jangan Jadi Beban

Khesedtov Bana   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 18:01 WIB
Unhappy young couple arguing standing at house door, angry husband pointing at wife blaming her of problems, conflicts in marriage, bad relationships, man and woman having quarrel or disagreement caption

Jakarta – Setelah memiliki momongan, hubungan suami istri pasti akan ikut berubah nih, Bunda. Jika sebelumnya bisa romantis berduaan, selanjutnya Bunda dan Ayah akan menjadi lebih fokus pada kebutuhan Si Kecil. 

Kehadiran anak ini, tak bisa dipungkiri akan membuat kebiasaan di antara suami dan istri jadi berbeda dengan sebelumnya. Salah satunya terkait hubungan seks pasca melahirkan. Boro-boro mau mesra sama suami nih, mau istirahat pun khawatir Si Kecil terbangun saat tengah malam.

Tak hanya itu saja, perubahan bentuk tubuh pasca melahirkan pun akan memengaruhi kehidupan seks antara Bunda dan suami. Beberapa waktu lalu, ada seorang Bunda yang curhat jika sang suami tak mau menyentuhnya lagi usai melahirkan.


Jika ini terjadi, akan sangat rentan bagi para bunda menyalahkan diri sendiri. Hal ini pun dapat mempengaruhi kondisi mental, Bunda. Mengutip dari laman Indiatimes, kebutuhan seks tiap orang pasti memiliki perbedaan.

Bunda harus membicarakan kebutuhan tersebut pada suami, sebab tak menutup kemungkinan pasangan sedang mengalami emotional block.

Seks memang berperan penting dalam hubungan pernikahan. Seks berguna bagi Bunda dan pasangan untuk merasa dekat, bentuk perhatian kepada pasangan, dan memberi kepuasan.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunRisiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Melansir dari Verywellmind, setidaknya ada beberapa keuntungan psikis dari seks, yakni :

1. Menambah rasa percaya diri

Hubungan seks dapat mengurangi rasa tidak percaya diri, dan mengarah kepada pemikiran positif akan diri sendiri.

2. Meningkatkan kebahagiaan

Menurut sebuah studi yang dilakukan di China, bertambahnya konsensual seks juga meningkatkan kebahagiaan.

3. Menambah ikatan

Salah satu senyawa kimia di dalam otak, endorfin, ikut terlepas saat melakukan seks. Endorfin dapat mengurangi emosi negatif, seperti perasaan mudah marah dan depresi. Hormon lainnya, seperti oxytocin juga meningkat, dan dapat membantu memberi rasa tenang.

4. Melepas stress

Stres kronis dapat disebabkan oleh rendahnya frekuensi seks, Bunda. Seks dapat meredakan respon hormon stress, seperti kortisol dan adrenalin.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Orgasme dapat memicu hormon proklatin, yang membantu Bunda tidur lebih baik.

Oleh karena itu, Bunda bisa memulai membuka obrolan terhadap suami terkait hubungan intim yang dibutuhkan setelah Bunda melahirkan. Obrolan terbuka dapat membantu Bunda memahami apa yang suami rasakan, dan sebaliknya.

Psikolog klinis dewasa, Alfath Hanifah Megawati atau yang akrab disapa Ega, juga mengaminkan pentingnya komunikasi jika terjadi masalah hubungan seks pasca melahirkan. Ia menjelaskan bahwa Bunda harus menjalin komunikasi yang baik dengan suami.

Walau mungkin bagi beberapa pasangan membahas seks menjadi hal yang tabu, maka seharusnya bisa menjadi lebih terbuka. Sehingga mengerti kebutuhan biologis satu sama lain. meskipun sudah menikah, tapi kalau kebutuhan batin tidak diungkapkan satu sama lain tentu tidak terjadi keselarasan ya.

“Seks menjadi komponen penting dalam pernikahan. Kebutuhan seks yang terabaikan dalam jangka waktu lama akan membuat pasangan lama kelamaan menjadi terasing satu sama lain. Peran pasangan bukan lagi sebagai pasangan, tapi seperti roommate,” ujar Ega.

Walau seks tidak selalu dirasa penting, namun seks dalam pernikahan dapat menjadi bagian dari tanda hubungan yang sehat dan saling memenuhi, lho Bunda. Berkurangnya keintiman antar pasangan dapat menyebabkan hubungan yang kurang harmonis.

Lalu, seperti apa cara untuk mempertahankan hubungan yang harmonis setelah miliki momongan? Yuk, cek selengkapnya Bunda!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips berhubungan intim bagi Bunda yang melahirkan secara caesar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENJAGA GAIRAH SEKS TETAP MENYALA SETELAH MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!