sign up SIGN UP search


kehamilan

Kiat Mengatasi Beragam Perubahan di Trimester 4, Tetap Percaya Diri ya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 18:45 WIB
Soft focus of happy mother with newborn baby Kiat Mengatasi Beragam Perubahan di Trimester 4, Tetap Percaya Diri ya Bun /Foto: iStock
Jakarta -

Selama ini, diketahui bahwa masa kehamilan terbagi dalam 3 pembagian waktu yakni trimester 1, 2, dan 3 hingga Bunda melahirkan. Namun, ternyata masih ada satu trimester lagi lho Bunda yakni trimester keempat.  

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan trimester 4 kehamilan? Istilah ini ternyata menggambarkan periode pasca persalinan mulai dari ulang tahun bayi hingga berusia tiga bulan, Bunda.

Istilah tersebut diyakini telah diciptakan oleh Dr. Harvey Karp, seorang dokter anak yang berteori bahwa bayi manusia lahir sekitar tiga bulan terlalu dini.


Perkembangan di trimester 4 kehamilan

Melansir dari laman Whattoexpect.com, trimester ke-4 adalah periode perkembangan fisik, mental dan emosional yang signifikan bagi bayi lho Bunda. Namun ini merupakan waktu perubahan bagi ibu baru juga.

Saat tubuh akan menyesuaikan diri untuk tidak hamil lagi dan berlanjut untuk merawat bayi,  itu akan menavigasi perubahan besar dalam hidup.

Setelah tiga bulan pertama kelahiran, Bunda dan Si Kecil akan melalui transformasi besar bahkan luar biasa. Jika ibu dapat memahami periode waktu ini dapat membantu diri lebih siap, pulih lebih cepat dalam prosesnya.

Perubahan tubuh Bunda di trimester 4

Pada minggu-minggu awal setelah melahirkan, tubuh akan melakukan pemulihan setelah melahirkan. Hormon akan berubah, bagian organ akan bergeser kembali ke posisi semula dan masuknya ASI.

Pada saat yang sama, mungkin Bunda juga mengalami pendarahan pasca persalinan yang normal serta ketidaknyamanan pada area perineum yang sedang sembuh atau bekas luka operasi caesar.

Walau banyak yang menganggap wanita telah pulih secara fisik setelah enam minggu melahirkan, itu tidak berarti tubuh akan terasa atau terlihat sama seperti sebelum Bunda hamil.

Perkembangan bayi selama trimester ke 4

Saat Bunda mengalami banyak hal baru selama tiga bulan pertama, itu juga menjadi hal baru bagi Si Kecil. Setelah sembilan bulan di dalam rahim, Si Kecil perlu beradaptasi dengan kehidupan di dunia nyata yang sedikit menantang.

Sehingga pada hari-hari awal kelahiran, Si Kecil masih sering meringkuk dalam posisi janin, gerakannya tersentak-sentak dan rewel. Pada titik ini yang benar-benar ingin Si Kecil lakukan hanyalah makan, tidur, memakai popok, dan digendong, Bunda.

Si Kecil juga akan mengalami perubahan fisik besar lainnya, seperti lengan, tungkai, tangan, dan kakinya akan mulai terbentang dan saat otot bayi berkembang, akan ada gerakan-gerakan kecil yang lebih disengaja.

Melansir laman Healthline.com, bayi yang baru lahir memiliki serangkaian refleks, seperti bawaan terkejut, menggenggam, mengisap dan mencari makanan.

Selama trimester ke-4, Si Kecil yang tadinya menatap Bunda dengan mata berkabut kini mulai lebih ceria, senang bermain dan mulai meniru beberapa Gerakan dan ekspresi wajah bahkan senyum Bunda.

Pada akhir trimester ke-4, rutinitas Si Kecil akan lebih mudah diprediksi dan jadwal tidur menjadi lebih konsisten.

Klik halaman berikutnya untuk tahu informasi lebih lanjut tentang trimester ke-4.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 kondisi yang timbul setelah operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KIAT MENGATASI TANTANGAN TRIMESTER KE-4
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!