sign up SIGN UP search


kehamilan

Pentingnya Skrining NT untuk Bumil di Atas Usia 35 Tahun, Bisa Deteksi Sindrom Down

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 10 Jun 2022 10:20 WIB
MANFAAT SKRINING NT UNTUK BUMIL DI ATAS 35 TAHUN
Medicine, Hospital, Medical Clinic, Ultrasound, Doctor caption

Manfaat skrining NT

Mengutip Baby Center, skrining NT adalah USG yang dilakukan pada trimester pertama untuk menentukan risiko sindrom Down pada janin. Skrining ini biasanya dilakukan bersamaan dengan tes darah, Bunda.

Jika hasil skrining NT menunjukkan kelainan pada janin, maka Bunda bisa langsung memutuskan untuk menjalani tes diagnostik lainnya. Perlu diketahui, skrining NT tidak cukup akurat untuk menilai kondisi janin, Bunda perlu memastikannya dari pemeriksaan yang lebih detail lagi.

Nah, selain sindrom Down, skrining NT juga dapat mendeteksi kelainan genetik lainnya lho. Melalui skrining ini, kita bisa mendeteksi sindrom Edward, sindrom Patau, dan beberapa kelainan kromosom serta masalah struktural di tulang, jantung, hingga dinding perut.


Hasil skrining NT

Sebelum melakukan skrining NT, dokter akan memastikan usia janin dengan mengukurnya dari kepala hingga bokong, lalu melihat apakah ukurannya sesuai dengan usianya. Kemudian, dokter akan menempatkan transduser USG di atas perut Bunda sehingga dapat menembus nuchal bayi. Dari monitor USG, dokter akan melihat dan mengukur ketebalannya.

Hasil pengukuran nuchal dapat menentukan kondisi janin, termasuk kemungkinan mengalami sindrom Down. Pengukuran ini akan disandingkan dengan usia Bunda, usia janin, dan hasil tes darah.

Kehamilan di atas usia 35 tahun memang dapat meningkatkan risiko sindrom Down. Kemungkinannya berkisar antara 1 banding 1.200 pada usia 25 tahun dan 1 banding 100 pada usia 40 tahun.

(ank/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!