sign up SIGN UP search


kehamilan

Bila Posisi Bayi Sungsang, Kapan Janin akan Berputar secara Alami sebelum Kelahiran

Khesedtov Bana   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 13:40 WIB
Front view of cropped long hair brunet caucasian pregnant woman, sitting in crossed legs, in yoga pose, in bed at home, holding her belly with hand. Maternity, pregnancy, new life. caption

Kehamilan merupakan salah satu pengalaman yang sangat spesial bagi Bunda. Pengalaman spesial lantaran Bunda harus mengalami banyak hal selama 9 bulan mengandung.

Bunda akan memulai pengalaman yang dimulai dari perubahan hormon dan fisik, merasakan morning sickness, momen mengetahui jenis kelamin Si Kecil, mendengar detak jantung buah hati saat USG, merasakan tendangan pertama, memilih nama, hingga nantinya melahirkan.

Setiap momen yang Bunda alami merupakan pengalaman yang sangat spesial, sebab berbeda bagi setiap calon ibu.


Selain pengalaman yang menyenangkan atau terasa mudah, Bunda harus tetap harus mawas diri sebab komplikasi kerap kali menghantui Bunda yang sedang mengandung. 

Setelah melewati semuanya dengan baik, menjelang kehadiran Si Kecil Bunda mungkin akan menghadapi momen yang mendebarkan, seperti posisi buah hati yang sungsang. 

Banner Mesin Cuci di Bawah Harga Rp2 Juta

Apa itu posisi sungsang?

Posisi bayi dalam kandungan sangat penting dalam proses bersalin. Normalnya, posisi kepala bayi berada di bawah untuk turun ke area pelvis dan keluar melalui jalan lahir nantinya. 

Jika sungsang, posisi kepala bayi berada di atas dan kaki bayi berada di bawah. Melansir Romper, Dr. Sarah B Schoel, M.D. menerangkan sekitar 3-4 persen bayi yang alami sungsang.

Bila Bunda alami bayi sungsang, dokter kandungan kemungkinan akan memilih untuk lakukan persalinan dengan prosedur caesar. Operasi caesar dilakukan lantaran, melahirkan secara normal dengan posisi bayi yang sungsang akan meningkatkan resiko komplikasi pada bayi, seperti trauma hingga hipoksia.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan bayi sungsang, namun Dr. Sarah mengungkapkan bahwa salah satu faktor bayi sungsang adalah pengaruh dari lingkungan fisiknya. 

“Apakah itu rahim, plasenta, bayi mungkin alami sungsang lantaran paksaan fisik. Penting bagi ibu untuk mengetahui bahwa ini bukan kegagalan, atau posisi bayi berada di bawah kontrol ibu,” ungkap Dr. Sarah.

Bagaimana Bunda bisa memutar posisi bayi secara alami?

Setelah mengetahui posisi bayi yang sungsang, Bunda pasti memiliki perasaan ingin membuat bayi berputar dengan berbagai cara. Namun, Bunda tidak disarankan untuk melakukan percobaan apapun untuk memutar posisi bayi sendirian. 

Kepada Romper Dr. Shannon Schellhammer, mengungkapkan Bunda tidak seharusnya secara aktif mencoba memutar posisi bayi tanpa pendampingan dari penyedia layanan kesehatan, seperti dokter atau bidan.

Dr. Sarah juga menambahkan, bahwa banyak sekali teori bagi Bunda untuk mencoba memutar posisi janin secara natural, namun sayangnya tidak ada yang 100 persen terbukti dapat membuat bayi sungsang berputar posisi. Bayi kemungkinan alami sungsang lantaran plasenta atau tali pusarnya terlalu pendek, atau juga rahim yang tidak dalam posisi benar.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab janin lebih aktif di sebelah kiri.

[Gambas:Video Haibunda

MERASAKAN POSISI BAYI BERPUTAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!