sign up SIGN UP search


kehamilan

Pada Usia Kandungan Berapakah Kehamilan Kosong Bisa Terdeteksi?

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 09:20 WIB
Medicine, Hospital, Medical Clinic, Ultrasound, Doctor Pada Usia Kandungan Berapakah Kehamilan Kosong Bisa Terdeteksi?/Foto: Getty Images/iStockphoto

Bagi Bunda dan Ayah yang tengah menjalani promil, pastinya akan sangat bersemangat bisa hasil test pack menunjukkan hasil positif. Namun sayangnya hasil positif itu belum 100 persen merupakan kehamilan normal karena tetap ada risiko kehamilan kosong.

Hamil kosong (blighted ovum) atau disebut dengan kehamilan anembrionik merupakan kondisi yang bisa dialami bumil bila hasil tes kehamilannya menunjukkan positif tapi kantong kehamilannya kosong.

Dalam laman Clevelandclinic, Yvonne Butler Tobah, M.D., seorang dokter kandungan-ginekologi di Rochester menjelaskan hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di lapisan rahim tetapi tidak tumbuh menjadi embrio. 


"Kantong kehamilan dan plasenta akan tumbuh, tetapi kantong kehamilan yang berisi embrio tetap kosong. Ini menyebabkan keguguran pada trimester pertama kehamilan," kata Tobah.

Bunda yang hamil kosong ini menyadari dirinya hamil di awal-awal karena hasil tes yang positif atau menstruasi yang terlewat. Tes kehamilan mungkin positif karena embrio awal mengeluarkan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (HCG) sampai embrio berhenti berkembang dan gagal untuk ditanamkan.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

"Tetapi ketika embrio berhenti tumbuh dan kadar hormon menurun, gejala kehamilan mereda. Pada titik ini, mungkin terjadi kram perut ringan dan bercak ringan atau pendarahan. USG akan menunjukkan kantung kehamilan yang kosong," jelas Tobah.

Tanda hamil kosong

Meredith Shur, MD, FACOG, dokter spesialis kebidanan dan ginekologi mengatakan salah satu tanda pertama kehamilan saat di USG itu adanya kantong kehamilan (gestational sac), yang membungkus bayi yang sedang berkembang dan berisi cairan ketuban. Kantong kehamilan ini ditemukan di dalam rahim.

"Kantong kehamilan terbentuk sekitar lima hingga tujuh minggu setelah periode menstruasi terakhir dalam siklus alami sehingga biasanya terlihat antara usia kehamilan 3 dan 5 minggu menggunakan USG transvaginal," kata Shur dilansir Verywell Family.

USG transvaginal ini memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dan menghasilkan gambar yang lebih jelas jika dibandingkan dengan USG transabdominal. 

"Kantong kehamilan biasanya dapat terlihat setelah kadar hCG ibu antara 1.500 dan 2.000 mIU/mL. Namun, sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa kadar hCG yang sesuai dengan deteksi kantong kehamilan dapat sangat bervariasi, dari 390 hingga 3.510 mIU/mL," ujar Shur.

Tanda positif kehamilan ini memang dengan terlihatnya kantong kehamilan, tapi ini bukan jaminan kehamilan Bunda sehat dan normal. Ada tanda kehamilan lainnya selain kantong kehamilan, yakni kantong kuning telur (yolk sac) yang berkembang di dalamnya. 

Kantong kuning telur inilah yang memberikan nutrisi pada embrio yang sedang berkembang sampai plasenta mengambil alih. "Ini adalah indikator penting kehamilan yang sehat," tegas Shur.

Kapan kantong kuning ini terlihat? Klik halaman berikutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang serba-serbi implantasi:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
WAKTU TERLIHATNYA KANTUNG KUNING TELUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!