sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengapa Bidan di RI Hanya Boleh Perempuan, Tak Seperti Dokter Kandungan?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 24 Jun 2022 14:15 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. Alasan Kenapa Bidan di Indonesia Hanya Perempuan, Tak Seperti Dokter Kandungan/ Foto: iStock
Jakarta -

Tahukah Bunda, tanggal 24 Juni diperingati sebagai Hari Bidan Nasional setiap tahunnya. Tanggal ini bertepatan dengan hari lahirnya Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Bunda.

Sebagai tenaga profesional, Bidan merupakan profesi yang banyak membantu persalinan. Melansir dari laman IBI, bidan adalah tenaga professional bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan, dan masa nifas.

Bidan juga memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri, serta memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan juga anak-anak. Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakan tindakan kegawatdaruratan.


Tidak seperti di negara lain, bidan di Indonesia harus perempuan, Bunda. Hal ini telah tercantum dalam Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan.

Banner Ciri Anak Berpotensi CerdasFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

"Bidan adalah seorang perempuan yang telah menyelesaikan program pendidikan Kebidanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diakui secara sah oleh Pemerintah Pusat dan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan praktik Kebidanan," demikian isi pasal 1 ayat (3) UU No. 4 Tahun 2019.

Pekerjaan bidan laki-laki dapat ditemukan di banyak negara di dunia. Tapi persentasenya tidak sebanyak bidan perempuan, Bunda.

"Banyak orang bertanya-tanya apa ada bidan laki-laki? Bidan laki-laki itu ada, tapi jumlahnya tidak banyak," demikian ulasan dalam laman School of Nursing dari Vanderbilt University.

Laki-laki yang tertarik dengan persalinan biasanya akan berakhir menjadi dokter kandungan. Sementara perempuan, sebagian besar mungkin tak dapat mengikuti pendidikan institusi (dan dilarang menggunakan prosedur bedah), tapi bisa mempraktikkan ilmu kebidanan empiris.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Childbirth tahun 2019, diketahui bahwa proporsi bidan laki-laki memang kecil dibandingkan bidan perempuan. Penelitian juga menjelaskan bahwa peraturan dan sistem pelatihan untuk bidan laki-laki ini bervariasi, tergantung dengan konten sosial di setiap negara.

Lalu bagaimana dengan pelayanan bidan di Indonesia? Apa saja tugas bidan perempuan di Tanah Air ya, Bunda?

Baca halaman berikutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga pesan dari bidan untuk persiapan melahirkan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PELAYANAN BIDAN DI INDONESIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!