sign up SIGN UP search


kehamilan

Tak Cuma Bantu Bumil, Bidan Juga Terima Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 23 Jun 2022 07:30 WIB
Bidan Tak Cuma Bantu Persalinan, Bidan Juga Bisa Jadi Teman Curhat Bumil Lho/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bidan merupakan tenaga medis profesional yang dapat membantu persalinan normal. Tak hanya itu, bidan juga menjadi pendamping wanita di setiap siklus kehidupannya lho, Bunda.

Jenis pelayanan di bidan memang tak selengkap dokter kandungan. Tapi, bidan dapat menjadi teman curhat Bunda yang moody saat hamil.

Bidan Ika Fitriyanti Soleha mengatakan, bidan juga memiliki pelayanan kesehatan reproduksi dan dapat menjadi teman untuk wanita bahkan sebelum mereka menikah. Bunda dapat menceritakan keluhan kehamilan selama di bidan karena rata-rata tak memiliki batas waktu kunjungan.


"Kita lebih bisa banyak untuk bercerita. Maksudnya mungkin saat di dokter waktunya terbatas ya. Tapi di bidan ini kita mendengar cerita tanpa menghakimi, kita mendengar cerita sebenarnya untuk melihat bagaimana kondisi ibu, lalu kebutuhannya apa. Apalagi, ibu hamil itu kan hormonnya naik turun, jadi kadang perubahan suasana hatinya bisa drastis," kata Bidan Ika kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Banner Ciri Anak Berpotensi CerdasCiri Anak Berpotensi Cerdas/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Di Indonesia, profesi bidan harus seorang perempuan. Hal ini menjadi nilai plus saat Bumil ingin memeriksakan kandungan sekaligus curhat seperti ke teman.

"Di bidan ini kita lebih kayak teman sih, lebih dekat, lebih enak ngobrol dari hati ke hati, enggak canggung karena sama-sama perempuan," ujar Bidan Ika.

Di bidan, Bunda juga dapat konsultasi program hamil dengan Ayah lho. Bahkan sebelum menikah, Bunda bisa konsultasi tentang kesehatan reproduksi.

"Hal sederhana seperti kok aku haid enggak lancar ya? kok cuma tiga bulan sekali? itu juga bisa dikaji oleh seorang bidan. Hal sederhana lainnya adalah pasangan datang untuk memilih KB," ungkap Bidan Ika.

"Jadi kita lebih fleksibel, lebih kayak teman saja, pendamping wanita yang enggak usah terlalu ribet. Kalau bingung ke bidan saja cerita se-random mungkin enggak apa-apa, nanti bidan yang bantu untuk menganalisa," sambungnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Bidan Jamilatus Sa'diyah atau akrab disapa Bidan Mila nih. Founder BumilPamil ini mengungkapkan tentang peran bidan yang sangat luas di setiap siklus kehidupan wanita. Seperti apa?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga kata bidan Mila tentang pentingnya peran ayah selama masa kehamilan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BIDAN BANTU TINGKATKAN KUALITAS HIDUP PEREMPUAN, BISA KONSUL SEJAK REMAJA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!