sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Tipe Bunda saat Melahirkan Menurut Bidan, Ada yang Risih bila Disentuh Pasangan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 22 Jun 2022 09:15 WIB
Father and mother holding a new born baby with a doctor in a hospital room caption

Bukan hanya membutuhkan kesigapan Ayah, proses melahirkan juga menguji seberapa besar Ayah memahami karakter Bunda sebagai pasangannya lho. Sebab, jangan sampai kehadiran Ayah malah jadi kesalahan fatal karena Bunda makin uring-uringan nih. 

Misalnnya saja dari pengalaman Mutiara Putri Ananda berbagi pengalamannya melahirkan didampingi suami. Melalui live instagram Haibunda belum lama ini, Bunda Mutiara mengatakan jika ia lebih nyaman saat suaminya hanya menggenggam tangannya walau tidak banyak berkata-kata.

Menurutnya itu sudah lebih dari cukup daripada menyemangati dengan kata-kata yang justru menimbulkan perasaan aneh dalam dirinya. 


“Oh, berarti Bunda Mutiara tipe kinestetik ya. Bunda lebih nyaman dengan sentuhan atau pelukan. Kalau tipikal lain, misal visual atau auditori pasti bentuk dukungan yang dibutuhkan juga berbeda,” ungkap Bidan Chandra Dwi Fitriani atau Bidan Ochan beberapa waktu lalu.

Memahami karakter Bunda ini tentu saja sangat penting ya, Bunda. Agar Ayah semakin optimal memudahkan proses kelahiran Si Kecil melalui Bunda ya. Jadi Ayah tidak hanya siap menerima kehadiran Si Kecil, namun tetap lekat hubungan emosinya dengan Bunda sebagai pasangan sehati. 

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia


 
Apa saja sih tipikal Bunda saat melahirkan yang sebaiknya Bunda dan Ayah pahami? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

3 Tipe Bunda saat melahirkan

Masih mengutip penjelasan Bidan Ochan, berikut adalah tiga tipe Bunda saat melahirkan :

1. Tipe kinestetik

Pada karakter Bunda melahirkan, tipe kinestetik ini lebih nyaman jika suami memberi sentuhan fisik, Bunda. Seperti halnya Bunda Mutiara yang merasa genggaman suaminya saja sudah lebih dari cukup, daripada banyak berkata yang justru menimbulkan perasaan kurang nyaman. Ayah bisa memberikan pelukan, pijatan hingga ciuman pada Bunda saat mendampinginya ya. 

2. Tipe visual

Berbeda dengan tipe sebelumnya, tipe Bunda visual ini akan lebih tenang ketika Ayah memberi sugesti atau afirmasi positif dengan cara membayangkan hal yang indah-indah nih, Bunda. 

Misalnya saja Ayah membisikkan kalimat, "Ayo Sayang, Si Kecil pasti cantik kayak kamu. Dia pasti sudah tidak sabar hadir di tengah kita, nanti kita foto session pake kostum unik ya. Fotonya pasti makin artsy kalau diambil di rumah kita sendiri. Mungkin Ayah bisa ya menyemangati Bunda dengan kalimat sejenis yang mengajak Bunda membayangkan hal menyenangkan dengan kehadiran Si Kecil. 

Kita lanjut ke halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 cara mengejan untuk mudahkan persalinan.

[Gambas:Video Haibunda]



 

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
ADA YANG LEBIH SUKA PASANGAN BANYAK OMONG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!