sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips agar Perineum Tak Robek saat Persalinan Normal, Bisa Coba Pijat Vagina

Arina Yulistara   |   Haibunda Rabu, 27 Jul 2022 23:25 WIB
Khawatir perineum (area antara vagina dan rektrum) robek saat Bunda melahirkan normal? Coba yuk beberapa tips agar perineum tak robek saat melahirkan. 5 Tips agar Perineum Tak Robek saat Persalinan Normal, Bisa Coba Pijat Vagina/Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu yang dikhawatirkan ibu hamil jelang persalinan adalah perineum robek saat melahirkan normal. Namun ini menjadi hal wajar, terutama bagi Bunda yang baru melahirkan pertama kali.

“Ibu hamil tak perlu khawatir atau takut vagina akan robek saat persalinan normal kerena itu normal dan sering terjadi,” ujar Katie Page, perawat-bidan bersertifikat di Forest, Virginia, dilansir dari Parents

Perineum robek umum terjadi saat bayi terdorong keluar. Ini karena kepala bayi yang rata-rata sebesar buah melon harus keluar melewati vagina dan tidak semua vagina bisa meregang dengan mudah.


“Selama persalinan, vagina harus meregang cukup untuk memungkinkan bayi melewatinya. Mudah-mudahan vagina akan cukup meregang tanpa robek tapi sering terjadi robekan,” papar Sherry Ross, M.D., seorang dokter obgyn dan ahli kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center, Santa Monica, California.

Lalu bagaimana agar perineum tidak robek saat melahirkan normal? Berikut tips agar perineum tak robek saat persalinan.

1. Pijat perineum

Salah satu tips agar perineum tak robek saat melahirkan adalah dengan melakukan pijatan perineum. Bunda bisa melakukannya sendiri atau dibantu suami bahkan tenaga profesional. 

Mengutip dari Mayo Clinic, pijat menggunakan dua jari tangan yang bersih atau dilapisi sarung tangan lembut menggunakan pelumas. Beberapa wanita tidak nyaman dengan tindakan ini walau efektif membantu mengurangi risiko robekan pada perineum. 

Disarankan melakukan pijatan perineum pada usia 34 minggu. Pijat perineum selama 5 menit sehari bisa membantu melenturkan jaringan agar memudahkan Bunda saat melahirkan normal.

“Sering memijat pangkal vagina dengan minyak atau pelumas berbahan dasar air dianggap melembutkan jaringan yang membuatnya lebih kenyal dan meningkatkan fleksibilitas,” kata Page. 

2. Senam hamil

Selama kehamilan, coba lakukan senam hamil bisa bisa mencegah perineum tak robek. Bunda bisa menjalani latihan otot dasar panggul yang membantu mempersiapkan diri untuk persalinan dan kelahiran. Ini bisa membantu mengurangi kemungkinan robek perineum.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara mempercepat pembukaan agar lancarkan persalinan normal.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
POSISI PERSALINAN YANG DIANJURKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!