kehamilan

4 Tanda Hamil 1 Bulan yang Bunda Mesti Tahu

Melly Febrida Jumat, 19 Jul 2019 14:30 WIB
4 Tanda Hamil 1 Bulan yang Bunda Mesti Tahu
Jakarta - Usia kehamilan empat minggu memang masih sangat muda. Dan pada usia inilah sebagian besar wanita baru tahu dirinya hamil.

Tanya Tantry, MD., konsultan medis obstetri dan ginekologi mengatakan pada usia kehamilan empat minggu, mungkin Bunda tidak melihat adanya perbedaan di tubuh atau merasakan gejala apapun. Kebanyakan wanita, kata Tantry, terutama yang siklus menstruasinya teratur punya tanda pertama kehamilan yang begitu terlihat yakni telat datang bulan setelah berhubungan seks tanpa kondom. 

Menurutnya, kehamilan dianggap dimulai pada awal haid terakhir dengan usia kehamilan normal 40 minggu. Namun, ada banyak alasan lain haid tertunda atau terlewatkan.


"Cara terbaik untuk menjawab rasa penasaran dengan tes kehamilan, baik di rumah atau ke klinik," katanya mengutip Flo.

Untuk gejala yang muncul, kata Tantry, beberapa wanita mungkin melihat sedikit pendarahan atau bercak di sekitar terjadinya implantasi.

Mengutip Health Line, normalnya Bunda mengalami pendarahan yang sangat ringan sekitar lima hingga sepuluh hari setelah pembuahan, karena inilah saat embrio ditanamkan di dalam rahim. Banyak wanita berpikir pendarahan ini adalah menstruasi, tetapi biasanya lebih ringan dari menstruasi dan tidak berlangsung lama.

Selain itu, ibu hamil 4 minggu bisa saja melihat salah satu dari gejala umum di awal kehamilan berikut ini:

1. Mual atau muntah

Ini efek samping yang sangat umum pada tahap awal kehamilan. Sekitar 80 persen wanita hamil pernah mengalami morning sickness. Biasanya ini berlangsung selama tiga bulan pertama kehamilan. Untuk beberapa wanita, kondisi ini enggak cuma terjadi di pagi hari dan dapat terjadi kapan saja di siang hari.

2. Kelelahan yang tidak biasa

Ini sangat umum karena tubuh sedang bekerja menciptakan bayi. Gejala-gejala ini cenderung hilang pada sekitar usia 12 minggu, karena pada saat itu plasenta sepenuhnya terbentuk.

Ilustrasi tanda hamil 1 bulanIlustrasi tanda hamil 1 bulan/ Foto: iStock
3. Rasa sakit di payudara

Salah satu tanda kehamilan yang paling umum adalah payudara yang bengkak atau sakit. Saat payudara bersiap memproduksi ASI untuk bayi, payudara akan terisi dan sedikit berubah bentuk. Itulah yang terjadi pada tahap awal kehamilan.

4. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil jadi salah satu tanda kehamilan yang terjadi di minggu pertama dan kedua setelah pembuahan, Bun. Sering buang air kecil di awal kehamilan disebabkan perubahan hormon. Setelah embrio berada di uterus, tubuh mulai memproduksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin), yang memicu ibu hamil sering buang air kecil.



Bagaimana dengan perut? Di usia kehamilan 4 minggu mungkin perut masih belum terlihat membuncit. Menurut Tantry, pada kehamilan pertama kali sebagian besar ibu tak akan terlihat perutnya membuncit hingga usia kehamilan 12 minggu.

"Tapi, apabila Bunda pernah hamil sebelumnya, mungkin perut akan terlihat berubah lebih awal sebagai akibat peregangan otot-otot di rahim dan perut," ujar Tantry.

Bun, lihat juga yuk curahan hati Chikita Meidy bisa cepat hamil di video di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi