sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Pilihan Induksi Alami untuk Percepat Kontraksi, Termasuk Menyantap Makanan Pedas

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 26 Jul 2022 20:50 WIB
Ibu hamil makan pedas caption
Jakarta -

Walau hari lahir Si Kecil bisa diprediksi, tidak jarang Bunda akan mengalami hari persalinan yang maju atau mundur dari yang sudah diperkirakan ya. Bahkan tidak sedikit juga Bunda hamil yang belum merasakan kontraksi. Padahal, waktu ideal untuk melahirkan umumnya adalah pada usia kehamilan 39 minggu.
 
Hal ini mungkin menyebabkan Bunda makin mengkhawatirkan janin hingga bagaimana persalinannya nanti. Oleh sebab itu, tidak sedikit pula yang menginginkan persalinannya dipercepat. Salah satu pertimbangannya adalah dengan induksi alami.

“Banyak cara alami induksi persalinan yang mungkin tidak berbahaya. Namun, yang lain mungkin memiliki efek samping yang tidak diinginkan atau mungkin tidak aman untuk Anda atau bayi Anda.” tegas Obstetri dan Ginekolog Elayne Duryea dalam ulasannya di Utsmedorg. 

Lantas, apa saja induksi alami yang bisa Bunda upayakan? Simak terus yuk 


Jenis-jenis induksi alami

Melansir Whattoexpect, terdapat beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk induksi alami sebagai berikut:

1. Berhubungan seks

Meskipun tidak ada bukti bahwa seks dapat mempercepat persalinan, terdapat alasan bagus mengapa hal itu bisa terjadi. Hal ini karena seks melepaskan prostaglandin, zat mirip hormon yang seperti obat yang digunakan untuk menginduksi persalinan.

2. Akupunktur 

Akupunktur disebut dapat membantu melahirkan, Bunda. Di beberapa negara bagian Asia, metode ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mempercepat proses persalinan. Beberapa penelitian menunjukkan akupunktur dapat membantu wanita yang hamil 40 minggu atau kurang, tetapi mungkin tidak membantu melahirkan pada wanita yang post-term, atau hamil 41 minggu lebih. 

3. Stimulasi puting 

Stimulasi pada puting payudara dapat memicu keluarnya hormon oksitosin, Bunda. Selanjutnya, hormon oksitosin yang keluar akan memicu kontraksi. Stimulasi ini dapat dilakukan dengan tangan atau pun pompa ASI.

Meski demikian, Bunda harus dalam pengawasan yang tepat agar kondisi bayi di dalam kandungan bisa dipantau dengan baik untuk menghindari kontraksi rahim berlebihan yang bisa membahayakan bayi.

4. Makan pedas

Ini adalah teori yang populer, tetapi tidak ada hubungan langsung antara perut dan rahim. Jadi, tidak ada alasan untuk berpikir bahwa jenis makanan tertentu akan menyebabkan kontraksi. 

6. Teh daun raspberry merah

Beberapa orang berpikir teh herbal ini membantu melahirkan spontan. Belum ada hasil akurat, tetapi teh daun raspberry sendiri disebut penuh dengan zat besi dan kalsium, yang bisa sehat untuk ibu dan bayi. Studi menunjukkan aman untuk diminum selama kehamilan.

Nah, bila cara di atas tak berhasil, Bunda tetap akan disarankan menerima induksi dari dokter ya. Kondisi apa saja yang membuat ibu hamil perlu mendapat induksi? Simak di halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cerita Tasya Kamila yang menerima induksi hingga melahirkan secara caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERTIMBANGAN SARAN INDUKSI MEDIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!