sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Pilihan Induksi Mudah dan Alami yang Bisa Dilakukan Bumil di Rumah

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 09:30 WIB
Induksi alami caption
Jakarta -

Mendekati trimester akhir kehamilan, Bunda akan menerima hari perkiraan lahir (HPL) dari dokter kandungan atau bidan. Meski sudah ada tanggal yang ditentukan, pada kenyataannya HPL bumil sering kali meleset, bisa lebih cepat atau lebih lama.

Untuk itu, disarankan, Bunda menunggu setidaknya hingga 37 minggu untuk melahirkan. Pada sebuah studi 2011, terdapat survei mengenai induksi persalinan di rumah kepada 201 Bunda yang baru saja melahirkan, 50 persen dari mereka ternyata menggunakan metode alami dalam memulai persalinan, lho.

Terlebih untuk bumil yang sudah memasuki usia kehamilan hingga 40 minggu tapi belum ada tanda-tanda persalinan, bisa mencoba beberapa metode induksi alami yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.


Induksi alami yang bisa dilakukan di rumah

Melansir laman Healthline, terdapat beberapa cara alami untuk menginduksi persalinan:

1. Olahraga ringan

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga karena bisa membantu Bunda tetap sehat selama kehamilan dan seterusnya. Olahraga yang dilakukan bisa berupa apa saja, intinya yang bisa meningkatkan detak jantung dan dalam kapasitas ringan ya, berikut beberapa contohnya:

  • Berjalan
    Ini tidak hanya meningkatkan detak jantung yang bisa mendukung kontraksi, tapi juga bisa menggunakan gaya gravitasi untuk membantu Si Kecil turun lebih rendah ke panggul.
  • Squat
    Tak hanya membuat Si Kecil turun, tapi juga memperkuat kaki, paha, dan otot panggil. Ini bisa membantu Bunda sepanjang pengalaman melahirkan.
  • Bola persalinan
    Ini bisa membantu membuka panggul dan meningkatkan aliran darah ke bagian bawah tubuh. Peregangan menggunakan bola persalinan ini menjadi pilihan yang tepat untuk Bunda yang kesulitan bergerak karena rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Terdapat beberapa bukti ilmiah yang mendukung bahwa olahraga merupakan salah satu metode induksi persalinan. Melansir laman Momlovesbest, sebuah penelitian menyebutkan 32 persen Bunda melaporkan bahwa aktivitas fisik bisa menjadi pemicu persalinan mereka.

Bunda yang berolahraga secara konsisten selama kehamilan juga terbukti lebih awal dan lebih singkat memulai persalinan.

2. Hubungan intim

Metode selanjutnya adalah hubungan intim. Ini mungkin saja Bunda butuhkan untuk mendorong Si Kecil keluar ke dunia. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa aktivitas seks bisa memicu persalinan.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk mengetahui lebih lanjut tentang pilihan induksi alami yang bisa dilakukan di rumah.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kisah melahirkan Tasya Kamila yang harus diinduksi hingga harus jalani operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PILHAN INDUKSI ALAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!