sign up SIGN UP search


kehamilan

Ini Usia Terbaik Ayah untuk Memiliki Anak, Bunda Perlu Tahu

Khesedtov Bana   |   Haibunda Rabu, 27 Jul 2022 20:45 WIB
Ilustrasi ibu ayah dan bayi Ini Usia Terbaik Ayah untuk Memiliki Anak, Bunda Perlu Tahu/Foto: Getty Images/iStockphoto/Butsaya
Jakarta -

Saat menjalani program hamil, tak hanya Bunda, Ayah pun tentu perlu menyiapkan kondisi terbaiknya. Mulai dengan menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga dan makan makanan sehat hingga pemeriksaan kesuburan. 

Sama seperti wanita, usia pria juga berpengaruh pada tingkat keberhasilan kehamilan. Jadi pada usia berapakah kondisi Ayah dianggap paling prima untuk memiliki anak? Simak terus di sini ya Bunda.        

Pengaruh usia Ayah pada kesempatan hamil

Melansir dari laman Parenting firstcry.com, faktor usia Ayah juga memengaruhi kesempatan Bunda untuk hamil. Adapun beberapa faktor yang turut memengaruhi kesuburan pria yakni:


  • Hormon testosteron   

Adapun salah satu faktor utama yang memengaruhi kesuburan pada laki-laki adalah level testosteronnya. Setelah usia 30, level testosteron pada Ayah akan berkurang sebanyak 1 persen setiap tahunnya.

Pengurangan hormon ini berdampak negatif pada jumlah sperma yang dimiliki. Melalui observasi, kuantitas sperma pada pria akan mulai berkurang saat ia memasuki usia 35 tahun.

  • Motilitas sperma

Terlepas dari jumlah sperma, salah satu faktor penting yang mempengaruhi tingkat kesuburan Ayah adalah motilitas sperma yang diproduksi. Motilitas sperma merupakan kemampuan sperma untuk bergerak dari rahim ke tuba fallopi untuk membuahi ovum.

Motilitas pria yang baik adalah pada usia 25 tahun dan setelah itu akan mulai menurun. Pada usia 55 tahun, motilitas bisa menurun sebanyak 50 persen.

  • Faktor lain 

Banyak sekali faktor lain seperti gaya hidup yang dapat berdampak pada kesuburan Ayah. Merokok, mengkonsumsi alkohol, penggunaan celana yang terlalu ketat, dan insomnia dapat berdampak negatif pada kesuburan pria. 

Usia terbaik pria untuk miliki anak

Usia paling subur pria untuk memiliki anak adalah antara 22 dan 25 tahun. Untuk itu, pria disarankan untuk memiliki anak sebelum usia 35 tahun. Setelah usia itu, tingkat kesuburan pria mulai menurun.

Meski setelah usia 35, sperma tetap dapat membuat kehamilan. Lebih jauh lagi, jika usia pria di atas 45 tahun, kemungkinan keguguran jauh lebih tinggi, terlepas dari usia Bunda saat hamil.

Agar lebih memahami kaitan antara usia dan tingkat kesuburan pria, ada beberapa fakta kehamilan yang perlu Bunda ketahui bila Ayah berusia di atas 45 tahun:

  • Penuaan tidak dapat dihindari

Usia memang tidak bisa berbohong, ketika mulai menua, kesempatan Ayah untuk memiliki anak memang akan menurun.

  • Meningkatnya risiko keguguran setelah 45 tahun

Jika Ayah berusia 45 tahun ke atas, risiko Bunda untuk mengalami keguguran juga meningkat terlepas usia Bunda yang mengandung.

  • Meningkatnya risiko anak alami gangguan perilaku

Selain Bunda akan alami risiko keguguran lebih tinggi, saat Ayah berusia di atas 45 tahun, risiko bayi alami gangguan perilaku seperti autisme juga meningkat. 

  • Menurunnya kesempatan hamil pada program bayi tabung 

Jika ingin menjalani prosedur bayi tabung, bila usia Ayah di atas 45 tahun peluang Bunda untuk mengandung berkurang sebanyak 5 kali. 

Simak fakta lain di halaman selanjutnya ya. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang ciri sperma sehat dan cara meningkatkan kualitasnya.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
RISIKO KEHAMILAN BILA USIA PRIA TERLALU MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!