sign up SIGN UP search


kehamilan

Saat Ibu Hamil Bersin, Ini yang Dirasakan Janin dalam Perut

Khesedtov Bana   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 10:06 WIB
The businessman is unable to work, she is sick and sneezing heavily in bed. Saat Ibu Hamil Bersin, Ini yang Dirasakan Janin dalam Perut/Foto: iStock
Jakarta -

Saat hamil, Bunda pasti banyak merasakan perubahan pada tubuh baik secara fisik maupun kondisi kejiwaan Bunda. Kehadiran Si Kecil dalam perut Bunda pasti membuat banyak perbedaan pada setiap rutinitas yang dijalani sehari-hari.

Bunda bahkan juga bisa merasakan aktivitas Si Kecil dalam perut yang terkadang memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Pada beberapa kondisi, setiap panca indera pada masa kehamilan menjadi lebih sensitif, seperti tidak bisa mencium bau-bau yang menyengat, tidak bisa memakan makanan yang terlalu manis atau asam, atau justru lebih sensitif pada lingkungan sekitar hingga menyebabkan alergi yang membuat Bunda jadi lebih sering bersin.


Selama kehamilan, aliran darah ke selaput lendir menjadi lebih meningkat yang membuat hidung penuh dengan selaput lendir, akibatnya saluran hidung membengkak dan menyebabkan keluarnya cairan dan kemacetan ekstra, hingga membuat Bunda jadi lebih sering bersin.

Hal ini mungkin akan membuat Bunda khawatir, apakah terlalu sering bersin atau terlalu keras ketika bersin bisa mempengaruhi kondisi Si Kecil dalam kandungan atau tidak.

Yang terjadi pada janin saat Bunda bersin

Ketika bersin, Bunda akan lebih menekan bagian perut sehingga tak jarang juga menyebabkan rasa ingin buang air kecil.

Gerakan pada perut yang terjadi saat bersin juga akan digerakkan oleh Si Kecil dalam kandungan. Hal itu karena adanya rangsangan yang dirasakan oleh otot perut sehingga memberikan tekanan pada perut.

Namun, tekanan tersebut tidak akan berlangsung lama, hanya saja bisa dirasakan oleh bayi dan membuat posisi bayi berubah posisi.

Apakah bersin berbahaya untuk janin?

Menurut Dokter Spesialis Obgyn dr. Kameelah Phillips, bersin yang terjadi pada Bunda tidak akan menyakiti janin yang ada di dalam kandungan. Si Kecil akan dilindungi oleh otot-otot perut yang tebal serta cairan ketuban yang mengelilinginya.

Saat terjadi tekanan dan pergerakan pada perut Bunda, bayi justru terlindungi oleh bantalan-bantalan yang ada di sekitar perut.

Pernyataan mengenai munculnya kontraksi hingga membuat Bunda melahirkan bayi akibat bersin juga merupakan mitos, ya Bunda.

Bersin pada ibu hamil yang perlu diwaspadai

Bersin yang terjadi terus-menerus dengan intensitas yang cukup lama bisa jadi membuat Bunda justru merasa tidak nyaman, sebab akan lebih menghambat kegiatan sehari-hari dan membuat tekanan pada perut menjadi semakin besar.

Bersin terus-menerus juga bisa saja menunjukkan tanda bahaya dengan risiko hadirnya virus atau penyakit yang bisa menurunkan kesehatan Bunda hingga memengaruhi daya tahan tubuh bayi. Risiko terburuk adalah terjadinya keguguran akibat tekanan terus-menerus yang disebabkan bersin yang tak berujung.

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu ciri bersin yang perlu diwaspadai saat hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 manfaat mengajak janin mengobrol.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CIRI-CIRI BERSIN YANG PERLU DIWASPDAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!