sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Jenis Mimpi yang Paling Sering Dialami Ibu Hamil, Bunda Juga Pernah?

Khesedtov Bana   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 15:02 WIB
Ilustrasi hamil tidur atau mimpi Inilah 3 Jenis Mimpi yang Paling Sering Dialami Ibu Hamil/Foto: Getty Images/iStockphoto/dolgachov
Jakarta -

Setiap kita tidur, mungkin akan mengalami mimpi. Mimpi setiap orang pun berbeda-beda ya Bunda tergantung dari kondisi yang tengah dialaminya. Namun saat hamil, beberapa Bunda akan mengalami mimpi yang tak biasa.

Seperti dikutip dari Times of India, kebanyakan wanita mengingat mimpi yang berlebihan atau bahkan bermimpi buruk saat sedang mengandung.

Tentunya mimpi yang Bunda rasakan berlebihan ini bisa mengganggu pola tidur. Ini tentu berdampak buruk karena ibu hamil membutuhkan istirahat yang lebih berkualitas demi kesehatannya dan Si Kecil di dalam rahim.


Memang, sangat memungkinkan bagi ibu hamil bermimpi lebih banyak jika dibandingkan dengan orang biasa dalam siklus 8 jam tidur. Pertambahan frekuensi ini bisa dipengaruhi oleh waktu tidur atau tidur siang yang bertambah per harinya.

Kehamilan memiliki peran penting pada tubuh dan level energi Bunda yang bisa menyebabkan kelelahan dan kantuk. Semakin lama Bunda tidur,  semakin mungkin untuk bermimpi.

Penyebab bumil cenderung bermimpi

Ada banyak sekali alasan untuk perubahan mimpi selama hamil. Salah satunya adalah peran signifikan dari perubahan hormon, lho Bunda. 

Melonjaknya hormon selama kehamilan dapat memberi dampak yang signifikan pada tubuh Bunda, dan bahkan dapat menyebabkan masalah pada suasana hati (mood) atau kelelahan berlebih.

Namun, mimpi yang berkaitan dengan kecemasan secara berulang dan mimpi buruk bisa jadi hanya kebetulan, atau bisa pula bagaimana cara otak mengekspresikan rasa takut. Seringnya, gangguan pada pola tidur bisa menyebabkan perubahan pada mimpi yang Bunda alami.

3 Jenis mimpi yang Bunda alami saat hamil

Dari banyaknya jenis mimpi, ada tiga yang paling dialami ibu hamil, apa saja? Simak yuk.

1. Vivid dreams

Vivid dreams merupakan mimpi yang Bunda rasakan dengan jelas atau terasa nyata. Bunda seakan bisa merasakan makanan, atau mencium aroma seakan berada di dunia nyata.

Beberapa orang alami vivid dreams saat mereka tertidur nyenyak. Mimpi ini bisa melibatkan emosi yang kuat dan dalam, serta visual-visual yang sangat jelas. Ketika semua orang bisa alami vivid dreams, Bunda yang sedang mengandung akan lebih banyak alami mimpi seperti itu.

Jika dibandingkan dengan mimpi yang sulit diingat atau kabur, vivid dreams akan terasa nyata dan membekas di ingatan Bunda. Bunda mungkin akan membutuhkan waktu untuk mencerna vivid dreams dengan dunia nyata setelah bangun dari mimpi tersebut.

2. Motherhood dreams

Kehamilan akan membuat Bunda merasa gembira untuk menyambut anggota baru dalam keluarga. Kegembiraan tersebut dan rasa gugup dapat membuat Bunda bermimpi tentang motherhood dan Si Kecil.

Bunda bisa bermimpi tentang Si Kecil yang sudah lahir, dan Bunda bisa menggendongnya.

Lalu, mimpi seperti apa lagi ya yang akan Bunda alami? Simak selengkapnya di halaman berikut ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang posisi tidur yang nyaman untuk ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS HADAPI MIMPI BERLEBIHAN SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!