sign up SIGN UP search


kehamilan

Nanas Muda Bisa Mencegah Hamil? Ketahui yuk Bahaya Enzim Bromelain pada Nanas

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 17:07 WIB
Ibu Hamil Dilarang Makan Nanas, Ternyata ini Alasannya caption
Jakarta -

Sebagian ibu merasa tidak siap dengan kehamilan yang tidak direncanakan. Sering kali, mereka pun akhirnya mencoba berbagai upaya untuk mencegah kehamilan.

Salah satu cara yang paling sering kita dengar yakni dengan memakan nanas muda. Apakah cara itu benar efektif?

Sedianya, penggunaan alat kontrasepsi memang diperlukan untuk mencegah kehamilan. Berbagai alat kontrasepsi bisa dipilih sesuai kecocokan setiap wanita ya.


Hanya saja, sering kali alat kontrasepsi memang tak berfungsi efektif. Dan, kehamilan yang tak diinginkan pun muncul. Tak sedikit Bunda yang merasa panik dengan kondisi tersebut. Dan, memilih berbagai cara untuk menghentikan kehamilan yang ada.

Sejak dulu, banyak yang percaya makan nanas muda bisa mencegah hamil. Benar enggak sih, Bunda? Yuk kita simak penjelasannya berikut ini.

Nanas muda tak bisa cegah kehamilan

Secara ilmiah, memang tidak ada bukti bahwa nanas mampu mencegah kehamilan. Hanya saja, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kelebihan enzim bromelain yang ada dalam nanas dapat menyebabkan keguguran.

Studi ilmiah pun tidak memberikan kesimpulan pasti bahwa penyebab keguguran ialah karena makan nanas. Ini hanya dianggap sebagai pengalaman masyarakat sehingga kerap disarankan menghindari nanas untuk kesehatan janin.

Bahaya enzim bromelain untuk ibu hamil

Menurut analisis, nanas mengandung enzim yang disebut bromelain. Ini merupakan zat yang umumnya tidak dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil, seperti dikutip dari laman Times of India.

Alasannya, enzim tersebut dapat menyebabkan aktivitas yang memecah protein tubuh yang dapat menyebabkan adanya perdarahan yang tidak normal. Namun, menurut penelitian, enzim ini ada di bagian inti buah nanas dan biasanya orang-orang hanya makan daging luarnya saja. Karena itu, jumlah enzim yang masuk ke dalam tubuh sangatlah rendah.

"Tetapi bagian nanas yang kita makan ialah daging luarnya, yang tidak banyak mengandung bromelain dan tidak akan memengaruhi kehamilan sama sekali. Hanya inti buahnya saja yang kelebihan enzim (bromelain)," ujar Dr Nupur Gupta, Direcotr, obsteetrics & gynaecologi dari Fortis Memorial Research Institute seperti dikutip dari laman Express.

Karena alasan tersebut, ibu hamil kerap diminta untuk menghindari mengonsumsi nanas untuk menghindari risiko keguguran ataupun persalinan dini. 

Bahaya makan nanas berlebihan

Meskipun nanas menjadi buah yang bergizi karena kaya mineral dan vitamin C, serta membantu kekebalan tubuh seseorang, tetapi mengonsumsinya secara berlebihan bisa berisiko menyebabkan keasaman dan mulas pada perut. I

tulah mengapa saat kehamilan memang disarankan untuk menghindari makan nanas. Selain menghindari risiko keasaman dan mulas pada perut, risiko keguguran juga dapat dihindari.

Klik di halaman selanjutnya untuk info selengkapnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang bolehkah ibu hamil makan nanas? Simak penjelasan dokter.

[Gambas:Video Haibunda]



 

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA LAIN YANG EFEKTIF CEGAH KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!