sign up SIGN UP search


kehamilan

BB Janin Kelebihan 200 Gram, Indah Permatasari Bertekad Kurangi Makan Nasi

Khesedtov Bana   |   Haibunda Rabu, 10 Aug 2022 07:00 WIB
Indah Permatasari caption
Jakarta -

Selama menjalani kehamilan pertamanya, aktris Indah Permatasari kerap membagikan keseharian barunya sebagai calon ibu nih Bunda.

Istri Arie Kriting itu kerap membagikan aktivitasnya melalui sosial media, baik Instagram, TikTok, maupun YouTube. Indah pun aktif mengunggah video-blog atau vlog melalui kanal YouTubenya.

Dalam salah satu unggahan vlog terbarunya, Indah yang ditemani sang suami melakukan pemeriksaan perkembangan sang buah hati.


Salah satunya adalah berat janin di dalam kandungan Indah yang ternyata berlebih 200 gram. Indah kemudian bertekad untuk mengurangi konsumsi nasi berlebih.

"Anakku itu kelebihan 200 gram, jadi ini aku harus mengurangi nasi. Tapi, gimana dong, aku enggak bisa kalo nggak makan nasi yang banyak," ujar Indah.

"Tapi ya itu, enggak boleh (enggak bisa makan nasi), aku enggak boleh kayak gitu," tambahnya sambil mengelus dada dan tertawa.

Pernyataannya ini kemudian disahut oleh Arie, bahwa Indah tidak boleh egois lantaran janin di dalam kandungannya harus diprioritaskan. Keduanya kemudian bercanda mengenai pola makan Indah yang harus berubah.

"Nggak boleh egois, ya. Ada (bayi) yang harus dipikirin," sahut Arie

"Pokoknya sekarang makan nasi satu kali aja, enggak usah nambah-nambah lagi," pungkas Indah.

Indah pun mengakui bahwa belakangan ini ia kerap makan nasi dengan porsi yang lebih banyak daripada biasanya. Lalu, seperti apa ya Bunda konsumsi karbohidrat yang baik bagi Ibu yang sedang mengandung?

Konsumsi karbohidrat saat hamil

Bagi ibu hamil, karbohidrat penting sebagai tenaga dan sumber serat. Keduanya sangat Bunda butuhkan, lho. Bahkan, sebagian kalori Bunda harus datang dari karbohidrat.

Sayangnya, karbohidrat tidak tercipta sama rata. Beberapa karbohidrat sangat mudah berubah menjadi gula dalam tubuh (simple carbs). Karbohidrat seperti ini dengan cepat memberikan energi namun tidak menyokong kekuatan yang Bunda butuhkan.

Karbohidrat lain, termasuk gandum utuh seperti oatmeal, bulgur, sayuran bertepung (complex carbs) membutuhkan waktu lebih lama untuk terpecah dalam tubuh dan memberikan energi selama beberapa waktu.

Simple carbs harus Bunda hindari, seperti makanan cepat saji, makanan olahan, sebab makanan ini tidak menyediakan nutrisi yang dibutuhkan. Seperti, roti tawar putih, nasi putih, keripik, dan permen.

Intip halaman berikut untuk mengetahui karbohidrat yang baik bagi Bunda hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makan mi instan saat hamil, apakah membahayakan janin?

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN BERKABOHIDRAT BAIK UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!