sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 13 Aug 2022 09:20 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Sembelit caption

Bunda, sangat normal untuk mengalami sakit perut bagian bawah saat hamil ya. Sebab tubuh mengalami banyak perubahan saat janin tumbuh, dan ini dapat menyebabkan berbagai jenis ketidaknyamanan selama kehamilan.

Mungkin ada beberapa penjelasan untuk sakit perut bagian bawah. Sebagian besar tidak berbahaya dan sangat normal. Namun, rasa sakit yang parah atau kram yang tidak kunjung hilang mungkin merupakan tanda masalah serius, Bunda.

Melansir dari American Pregnancy, rasa nyeri pada perut ini bisa terasa pada kedua sisi atau hanya pada salah satu sisi, terutama sisi kanan, Bunda. Pada beberapa wanita hamil, rasa nyeri ini bisa dirasakan pada trimester awal hingga trimester ketiga.


Jadi Bunda harus siap dan waspada ya karena sakit perut bagian bawah tiap trimester juga mempunyai gejala dan penanganan yang mungkin berbeda-beda juga, Bunda. Sekalipun bukan hal yang patut dikhawatirkan, namun disarankan Bunda mempunyai pengetahuan yang cukup ya agar bisa mengantisipasi jika mengalami gangguan sakit perut bagian bawah ini.

Lantas apa saja yang sebaiknya Bunda pahami tentang sakit perut bagian bawah agar Bunda tidak semakin panik? Yuk kita lanjutkan ya. 

Penyebab sakit perut bagian bawah

Berikut adalah penyebab Bunda sakit perut bagian bawah saat hamil.

1. Kelelahan

Sakit perut bagian bawah karena kelelahan bisa disebabkan aktivitas Bunda selama hamil. Contohnya, ibu hamil lelah saat berjalan jauh atau naik-turun tangga. Untuk mencegah sakit perut bagian bawah, sebaiknya ibu hamil mengurangi aktivitas yang melelahkan.

2. Sperma dibuang di dalam tubuh

Kondisi ini dapat terjadi usai Bunda hamil berhubungan seksual. Mulanya, perut akan terasa kencang hingga menjadi berubah sakit. Sperma pria mengandung prostaglandin yang bisa merangsang otot rahim kontraksi. Prostaglandin baru bereaksi ketika masuk ke dalam tubuh Bunda. Berhubungan seksual selama hamil tetap diperbolehkan. Namun, perlu diingat untuk tidak membuang sperma pria di dalam tubuh Bunda.

3. Keputihan

Keputihan umumnya disebabkan infeksi. Pada Bunda hamil yang mengalami infeksi akan terjadi reaksi sehingga menyebabkan kontraksi. Infeksi dapat masuk ke rahim Bunda. Akibatnya, perut Bunda menjadi kencang dan terasa sangat sakit.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MASALAH ORGAN DALAM TUBUH DAN KONDISI YANG TIDAK BISA DIJELASKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!