sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Penyebab Morning Sickness Muncul Kembali di Trimester 3, Bisa Karena Ngidam

Khesedtov Bana   |   Haibunda Selasa, 13 Sep 2022 09:35 WIB
pregnant young woman caption
Jakarta -

Rasa mual dan keinginan untuk muntah di pagi hari merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling sering dialami saat trimester 1. 

Melansir dari Romper, Kathryn Wright, M.D. dari Facey Medical Group mengatakan mual di pagi hari atau morning sickness merupakan kondisi yang biasa dirasakan oleh ibu hamil, bentuk dan intensitasnya juga bervariasi pada setiap ibu hamil atau pada setiap kehamilan yang terjadi.

Mual di pagi hari atau morning sickness saat hamil memang jadi suatu hal yang wajar terjadi dan dirasakan para ibu hamil. Morning sickness biasanya dirasakan oleh para ibu hamil pada trimester pertama kehamilan dan maksimal hingga minggu ke 16.


“Rasa mual yang khas biasanya terjadi pada enam hingga delapan minggu. Kemudian memuncak pada minggu ke-12, dan biasanya hilang sekitar minggu ke-16. Namun, dalam kurun waktu tersebut, bisa jadi rasa mual yang dialami semakin parah atau bahkan mereda. Terkadang ibu hamil bahkan seringkali menduga bahwa rasa mual itu akan menghilang, tapi ternyata kembali lagi pada beberapa hari kemudian." ungkap Kathryn Wright pada Romper.

Namun, ada pula ibu hamil yang malah merasakan morning sickness di trimester akhir atau trimester 3. Lho kok bisa ya? Simak yuk penyebabnya dalam penjelasan di bawah ini. 

Munculnya morning sickness di trimester 3

Pada trimester awal kehamilan, rasa mual yang Bunda rasakan di pagi hari bisa disebabkan adanya perubahan hormon yang terjadi seiring dengan berkembangnya janin yang berada di perut Bunda.

Namun, ketika memasuki trimester akhir, yaitu trimester ketiga, mual di pagi hari atau morning sickness bisa disebabkan oleh beberapa alasan lain, di antaranya:

1. Tubuh bayi yang terus berkembang

Seiring dengan perut Bunda yang terus membesar membuat ruang-ruang yang ada di dalam perut Bunda menjadi semakin sempit dan menekan sistem pencernaan yang berada di perut Bunda. Karena itulah mengapa Bunda masih kerap merasa mual, sembelit, hingga mulas pada trimester ketiga.

2. Vitamin yang Bunda konsumsi

Rasa mual pada trimester ketiga juga bisa disebabkan oleh vitamin yang kerap Bunda konsumsi selama hamil. Beberapa orang memang tidak cocok dan bisa mencerna vitamin dengan kadar zat besi yang terlalu tinggi. Hal ini pada akhirnya menyebabkan Bunda merasa mual atau mengalami morning sickness.

Kira-kira apa lagi ya faktor yang membuat Bunda mual di trimester akhir? Lihat halaman berikut ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 10 hal yang harus dihindari saat hamil 8 bulan.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB MORNING SICKNESS DI TRIMESTER KE-3
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!