sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Penyebab Perut Mengencang saat Hamil, Termasuk Dipicu Kontraksi Palsu

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 05 Sep 2022 16:40 WIB
Pregnant woman show sign of discomfort, stomachache, labour pain caption
Jakarta -

Banyak ulasan menyebutkan, kehamilan menimbulkan banyak sekali adaptasi baru bagi tubuh yang membuat tidak nyaman, Bunda. Artinya, perubahan kondisi tubuh akibat hormonal kehamilan, dilengkapi dengan segala ketidaknyamanan yang Bunda akan hadapi. 
 
Kabar baiknya, ketidaknyamanan yang Bunda alami bukan hanya menjadi masalah Bunda pribadi, melainkan hampir semua wanita hamil mengalaminya. Untuk itu, Bunda jangan pernah merasa sendiri dan tidak perlu khawatir berlebihan ya, manakala mengalami ketidaknyamanan karena kehamilan. Termasuk ketidaknyamanan yang paling sering terjadi saat hamil, yaitu perut mengencang, Bunda. 
 
Mengutip laman The Bump, di awal kehamilan, pengencangan perut terjadi mungkin karena ligamen yang meregang. "Saat rahim tumbuh, itu mendorong otot perut Anda," kata Robert O. Atlas, MD, ketua Departemen Obstetri dan Ginekologi di Mercy Medical Center di Baltimore. Semua peregangan dan dorongan itu dapat menyebabkan nyeri ligament bundar yang terasa seperti nyeri tajam di perut Bunda.
 
Agar Bunda tidak semakin panik, yuk ketahui penyebab lain mengapa perut Bunda mengencang selama kehamilan. 

Penyebab perut mengencang selama kehamilan

Berdasarkan ulasan Medical News Today, penyebab perut mengencang pada Bunda hamil dikelompokkan sesuai trimesternya sebagai berikut:

1. Trimester pertama

Selama trimester pertama, rahim tumbuh dan meregang dengan cepat untuk mengakomodasi janin yang sedang tumbuh. Hal ini dapat menyebabkan kram perut atau nyeri tajam, menusuk, atau menusuk di sepanjang sisi perut, karena ligamen dan jaringan lain meregang.
Penyebab lain mengencangnya perut pada trimester satu ini juga karena gas atau sembelit, Bunda. 


Nyeri gas adalah masalah yang sangat umum selama kehamilan. Ini dapat  menyebabkan kram atau nyeri tembak di perut, dan bisa sangat menyakitkan. Sembelit juga merupakan keluhan umum pada awal  kehamilan. Perubahan hormon kehamilan dapat memperlambat saluran pencernaan.
 
Juga, zat besi dalam beberapa vitamin kehamilan dapat mengeraskan tinja  dan membuat sulit untuk pergi ke kamar mandi. Baik gas dan sembelit terkadang bisa membuat perut terasa kencang.
 
Meskipun jarang, penyebab perut mengencang ketika hamil juga bisa  diakibatkan oleh keguguran, Bunda. Kalaupun terjadi, keguguran biasanya dialami pada usia kehamilan di bawah 20 minggu ya, Bunda. 

Tanda-tanda keguguran bervariasi antara individu dan individu, dalam beberapa situasi, seorang wanita mungkin tidak memiliki tanda-tanda sama sekali.

Kita lanjut untuk trimester berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda melahirkan dalam waktu dekat agar tidak panik saat kontraksi palsu.

[Gambas:Video Haibunda]



 



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
BISA DIPICU OLEH KONTRAKSI PALSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!