sign up SIGN UP search


kehamilan

Cara Atasi Sakit di Bawah Perut Atas Kemaluan sebagai Tanda Awal Kehamilan

Melly Febrida   |   Haibunda Sabtu, 17 Sep 2022 14:20 WIB
ilustrasi sakit perut Cara Atasi Sakit di Bawah Perut Atas Kemaluan sebagai Tanda Awal Kehamilan /Foto: iStock
Jakarta -

Bunda pernah merasakan sakit di bawah perut, atau lebih tepatnya di atas kemaluan?  Gejala tersebut juga umum dialami beberapa hari setelah menstruasi. Namun, ada juga yang bilang itu salah satu tanda kehamilan, benarkah?

Tanda awal kehamilan memang bervariasi dari orang ke orang, dan dari kehamilan ke kehamilan. Sejumlah ibu hamil (bumil) bahkan merasakan ada perubahan di tubuhnya sebelum terlambat haid atau tahu dirinya hamil.

Salah satu tanda awal kehamilan memang telat haid, sering buang air kecil, hingga payudara terasa lembut. Tapi bagaiamana dengan rasa sakit di atas kemaluan?


Sakit di bawah perut atas kemaluan, tanda apa?

Dilansir laman Cleveland Clinic, Bunda memang bisa merasa hamil sebelum terlambat haid. Beberapa orang mengatakan dapat merasakan gejala kehamilan dalam waktu seminggu setelah pembuahan. Ini sekitar satu minggu sebelum terlambat haid.

Gejala awal kehamilan ini dapat tumpang tindih dengan kondisi medis lainnya, serta siklus menstruasi yang khas. Karena itu ahli medis mengatakan bahwa gejala pramenstruasi bisa sangat mirip dengan gejala kehamilan. Inilah yang membuat sejumlah wanita kesulitan membedakan, hamil atau mau haid.

Bagaimana dengan telat haid, apa sudah pasti hamil? Tidak juga Bunda, ada beberapa wanita yang telat haid ternyata tidak hamil. Ini bisa terjadi ketika Bunda turun atau tambah berat badan atau stres. Begitu pula dengan menyusui, yang  juga dapat menyebabkan menstruasi stop.

Perlukah tes kehamilan?

Cara terbaik untuk mengetahui Bunda hamil adalah dengan melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan tersedia di apotek atau toko setempat tanpa resep.

Sebelum melakukan tes kehamilan, perhatikan dulu waktunya. Terlalu cepat tes berisiko menunjukkan hasil yang palsu. Tes kehamilan ini bekerja dengan mendeteksi kadar human chorionic gonadotrophin (hCG) dalam urine Bunda.

Sebenarnya Bunda boleh saja melakukan tes kehamilan segera setelah telat menstruasi. Namun, yang terbaik adalah menunggu setidaknya satu minggu setelah telat menstruasi agar mendapatkan hasil yang paling akurat.

Beberapa alat tes kehamilan mengklaim dapat menunjukkan hasil yang akurat meski dilakukan sebelum telat haid. Sayangnya, melakukan tes terlalu cepat dapat menghasilkan negatif palsu. Maksudnya, Bunda seharusnya hamil tapi hasil tesnya negatif.

Jika Bunda ingin mendapat hasil yang lebih cepat, penyedia layanan kesehatan dapat mengambil sampel darah untuk menguji kehamilan sedini satu minggu sebelum periode yang terlewat.

Apabila Bunda merasakan sakit di perut bawah di atas kemaluan, cek alasannya di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 penyebab sakit bawah perut di atas kemaluan.

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB PERUT BAWAH ATAS KEMALUAN SAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!