sign up SIGN UP search


kehamilan

Tes Kehamilan di Malam Hari, Hasilnya Akurat Enggak Ya?

Siti Masitoh   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 20:43 WIB
Tes Kehamilan Tes Kehamilan di Malam Hari, Hasilnya Akurat Enggak Ya?/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Meskipun bisa dilakukan kapan saja, banyak yang lebih memilih untuk melakukan tes kehamilan pada pagi hari karena hasilnya disebut lebih akurat.

Namun, mungkin ada beberapa Bunda yang tak sabar ingin segera melakukan tes kehamilan dan enggan menunggu pagi sehingga dilakukan pada malam hari.

Bagaimana jika tes kehamilan dilakukan di malam hari? Apakah tetap efektif? Simak penjelasannya berikut ini yuk Bunda.


Tes kehamilan pada malam hari

Jawabannya, tentu bisa. Namun hasilnya akan akurat tidak ya Bunda? Tes kehamilan bisa dilakukan di rumah dengan mengandalkan urine yang dirancang untuk merespon kadar human chorionic gonadotropin (hCG) tertentu.

Hormon tersebut diproduksi plasenta dan selama 8 sampai 10 minggu pertama kehamilan, kadar hCG meningkat dengan cepat. Pada hari ke-10 dari ovulasi biasanya harus ada cukup hCG dalam urine untuk mendeteksi tes kehamilan di rumah.

Beberapa alat tes kehamilan di rumah seperti test pack mengklaim bahwa dapat mendeteksi kadar hCG lebih awal. Namun, riset menunjukkan klaim tentang itu tidak selalu akurat, Bunda.

Melakukan tes kehamilan di pagi hari daripada di malam hari memiliki manfaat, salah satunya urine akan cenderung lebih terkonsentrasi. Sebab kemungkinan Bunda belum minum atau buang air kecil semalaman sejak tidur.

Pada hari-hari awal kehamilan, ketika kadar hCG masih meningkat dan urine pagi pertama akan memberikan peluang terbesar untuk memiliki kadar hCG yang cukup untuk tes kehamilan positif.

Bila tes kehamilan di malam hari hasilnya negatif

Saat menggunakan tes kehamilan di rumah, kemungkinan negatif palsu jauh lebih tinggi daripada positif palsu. Jika melakukan tes kehamilan di malam hari dan hasilnya negatif, Bunda bisa melakukan tes kembali di pagi hari atau beberapa hari kemudian untuk kembali memastikan apakah benar-benar tidak hamil.

Melansir laman Healthline.com, dalam hasil negatif palsu terdapat beberapa faktor yang berkontribusi.

  • Mengonsumsi obat. Obat-obatan tertentu dapat mengganggu keakuratan tes kehamilan.
  • Memiliki urine yang encer. Urine kemungkinan akan lebih encer di malam hari daripada di pagi hari. Memiliki urine yang lebih pekat merupakan salah satu manfaat melakukan tes kehamilan di pagi hari.
  • Mengambil tes terlalu dini. Kadar hCG perlu waktu untuk naik untuk dideteksi oleh tes kehamilan di rumah. Bahkan jika menggunakan tes kehamilan yang mengklaim dapat mendeteksi kehamilan lebih awal, berhati-hatilah dengan hasil negatif ya Bunda. Pertimbangkan untuk menunggu kapan menstruasi terlewat dan tes ulang jika berpikir terjadi kehamilan.
  • Tidak menunggu cukup lama atau tidak mengikuti petunjuk pengujian dengan tepat. Bunda tidak perlu meluangkan waktu melakukan tes seperti yang diinstruksikan oleh pabrikan untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Klik halaman berikutnya untuk tahu apakah melakukan tes kehamilan di malam hari bisa efektif.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 3 cara tes kehamilan yang benar.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
WAKTU TERBAIK UNTUK TES KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!