sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Alat Kontrasepsi KB Pengaruhi Libido Bunda?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 16:00 WIB
Suami dan istri caption
Jakarta -

Penggunaan alat kontrasepsi KB sering kali dikaitkan dengan gairah seseorang dalam berhubungan seks. KB dianggap bisa memengaruhi libido, Bunda.

Salah satu kekhawatiran adalah KB bisa menurunkan libido pemakainya. Hal ini bahkan disebut sebagai salah satu efek samping KB. Lalu benarkah alat kontrasepsi KB bisa memengaruhi libido Bunda?

Pengaruh kontrasepsi non hormonal pada libido

Secara umum, kontrasepsi dibagi menjadi dua, yakni kontrasepsi hormonal dan non hormonal. Menurut Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Liva Wijaya, Sp.OG, efektifitas kontrasepsi tergantung jenis KB-nya dan seberapa benar pemakaiannya.


Nah, terkait tentang libido sebagai efek penggunaan KB ternyata hanya mitos. Hal ini berlaku penggunaan KB non hormonal, seperti sterilisasi.

"Berikut beberapa mitos KB yang perlu diabaikan, salah satunya sterilisasi menyebabkan libido menurun," kata Liva dalam Kulwab HaiBunda, belum lama ini.

Dilansir Healthline, metode KB non hormonal memang tidak akan memengaruhi libido secara langsung. Salah satu penyebab perubahan libido bisa karena rasa cemas atau gelisah pada kehamilan yang tidak direncanakan.

Pengaruh kontrasepsi hormonal pada libido

Penggunaan kontrasepsi yang memengaruhi libido sering dikeluhkan oleh para Bunda yang menggunakan pil KB. Lalu benarkan pil KB bisa memengaruhi gairah untuk berhubungan seks?

Mengutip Mayo Clinic, pil KB adalah jenis kontrasepsi hormonal yang dapat mengubah tingkat hormon dalam tubuh. Pil KB sering kali dapat menurunkan kadar hormon testoteron, yakni salah satu hormon utama yang mengontrol dorongan seks.

Beberapa ahli mengungkapkan teori bahwa perubahan libido dapat terjadi karena kontrasepsi hormonal bisa mengurangi testoteron. Tetapi, para peneliti belum menemukan bukti yang cukup nih, Bunda.

"Para peneliti belum sampai pada kesimpulan apa pun tentang bagaimana KB hormonal dapat secara langsung memengaruhi libido. Namun cukup jelas bahwa banyak orang memang mengalami beberapa perubahan," kata Terapis Seks, Janet Brito, Ph.D., LCSW, CST.

Kontrasepsi hormonal mungkin bisa menyebabkan efek samping yang secara tidak langsung berhubungan dengan libido. Efek sampingnya seperti kelelahan, pusing, mual, perut kembung, berat badan bertambah, vagina menjadi kering, hingga perubahan frekuensi atau intensitas orgasme.

"Salah satu dari efek samping ini dapat membuat Anda kurang tertarik untuk berhubungan seks," ujar Brito.

Meski demikian, sudah ada beberapa penelitian yang menemukan kaitan antara alat KB dan libido. Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 rekomendasi kondom yang aman untuk cegah kehamilan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PENELITIAN TENTANG KONTRASEPSI YANG PENGARUHI LIBIDO
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!