sign up SIGN UP search


kehamilan

Setahun Nikah Masih Susah Hamil? Ketahui Penyebab & Jadwal Berhubungan yang Tepat

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 11:45 WIB
Penyebab susah hamil Penyebab susah hamil/ Foto: iStockphoto

Sudah lama menikah, namun tak kunjung mendapatkan momongan? Bagi sebagian orang, kehamilan adalah perjuangan berat untuk mendapatkan keturunan.

Kondisi susah hamil ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, Bunda. Chantel Cross, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas di Pusat Perawatan & Bedah Kesehatan Johns Hopkins, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhi kesuburan dan kapan bisa hamil. Maka dari itu, coba pertimbangkan tentang pengobatan infertilitas.

Apa itu infertilitas?

Mengutip penjelasan dari Kementerian Kesehatan, infertilitas merupakan sebuah kondisi di mana sel sperma dan sel telur gagal melakukan pembuahan. Ketidakmampuan pasangan untuk menghasilkan keturunan ini dihitung setelah melakukan hubungan seksual selama 1 tahun tanpa kontrasepsi.


Namun bila terdapat faktor risiko (istri berusia lebih dari 35 tahun, riwayat infeksi dan menstruasi tidak teratur), maka sebaiknya penyelidikan dimulai lebih awal.

“Sebagian besar orang akan hamil dalam 12 bulan pertama mencoba untuk hamil dengan hubungan seksual tanpa kondom secara teratur,” kata Cross. Jika belum juga mendapat kehamilan, direkomendasikan menghubungi dokter untuk mengevaluasi infertilitas.

Kondisi media yang mempengaruhi infertilitas

Melansir laman Hopkinsmedicine, terdapat beberapa faktor yang menjadi pemicu adanya infertilitas. Simak penjelasan berikut ya Bunda!

Obstruksi tuba fallopi

Inferlititas bisa disebabkan karena saluran tuba tersumbat atau mengalami luka. Ini bisa mencegah sperma mencapai sel telur dan sering menjadi penyebab kemandulan, Bunda. Risiko Obstruksi tuba fallopi ini dapat dipengaruhi oleh Riwayat infeksi panggul dan penyakit menular atau endometriosis.

Bentuk rahim tidak beraturan

Penyebab berikutnya adalah bentuk rahim yang tidak beraturan, ini akan mempersulit sel telur yang telah dibuahi untuk menempel pada dinding rahim. Kelainan tersebut disebabkan oleh fibroid rahim atau jaringan parut akibat operasi, bisa juga akibat infeksi.

Gangguan ovulasi

Terkadang wanita tidak berovulasi dengan teratur dan konsisten, Bunda. Siklus menstruasi sporadic bisa disebabkan oleh kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), ketidakseimbangan hormon, atau obesitas. Selain itu, ovulasi juga dapat dipengaruhi oleh olahraga berlebihan, stres, ataupun berat badan rendah.

Faktor kesuburan suami

Lebih dari 30 persen kasus infertilitas berdasar pada masalah sperma. Misalnya jumlah sperma yang rendah, pergerakan serta bentuk sperma yang tidak normal. Infertilitas pria ini bisa dipicu oleh sejumlah alasan, seperti trauma, kondisi medis yaitu diabetes, dan kebiasaan tidak sehat seperti minum alkohol dan merokok.

Terlepas dari penyebab infertilitas tersebut, bagi pasangan yang sedang mencoba untuk hamil perlu diperhatikan bagaimana melakukan hubungan seks yang benar lho Bunda. Agar nantinya bisa meningkatkan peluang untuk hamil.

Klik halaman berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab susah hamil dan jadwal yang tepat untuk berhubungan intim.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak jenis-jenis penyakit reproduksi yang bikin Bunda susah hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
JADWAL MELAKUKAN HUBUNGAN INTIM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!