sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Susah Hamil? Kenai Ciri Penyakit Kesuburan yang Sering Tidak Sadari

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 10 Oct 2021 13:36 WIB
Black female doctor talking to a couple while having appointment at clinic. Penyakit kesuburan yang bikin susah hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Drazen Zigic

Jakarta - Usaha Bunda dalam mendapatkan kehamilan belum juga berhasil? Dalam kondisi seperti ini, pasangan suami istri disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah ada penyakit kesuburan yang membuat Bunda susah hamil.

Permasalahan kesuburan merupakan hal yang sering dialami banyak pasutri di luar sana. Tak sedikit pasangan suami istri tak kunjung mendapatkan keturunan karena terkendala dengan kesuburannya.

Untuk menangani masalah ketidaksuburan atau infertilitas, Bunda dan suami perlu memaksimalkan peluang hamil dengan memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter. Sebab, biasanya ada beberapa permasalahan di balik kesuburan Bunda ataupun pasangan.


Profesor Neils Skakkebaek mengatakan bahwa meningkatkan insiden kanker testis, kualitas air mani yang buruk, frekuensi tinggi testis yang tidak turun, dan hipospadia menjadi gejala yang mendasari Testicular Dysgenesis Syndrome.

"TDS mungkin disebabkan faktor genetik atau lingkungan atau kombinasi keduanya. Tetapi, ada bukti yang berkembang dari pengamatan klinis pasien individu dan dari studi epidemiologi yang lebih besar bahwa ada peningkatan yang sinkron antar negara dalam masalah reproduksi pria seperti kanker testis dan alat kelamin, penurunan kualitas air manis serta subfertilitas,"vkatanya seperti dikutip dari laman Eurekalert.

Sementara pada wanita, penyakit kesuburan yang umum salah satunya ialah endometriosis eksternal. Endometriosis merupakan masalah yang mempengaruhi rahim Bunda tempat bayi tumbuh saat hamil. Endometriosis merupakan jenis jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di tempat lain. Bisa juga tumbuh di ovarium, di belakang rahim, di usus, atau di kandung kemih. 

Jaringan yang salah tempat ini dapat menyebabkan nyeri, kemandulan, dan menstruasi yang sangat berat. Nyeri biasanya dirasakan di perut, punggung bawah, atau area panggul. Beberapa dari Bunda yang mengalaminya sering tidak memiliki gejala sama sekali dan kesulitan hamil mungkin menjadi tanda pertama mereka mengidap endometriosis, seperti dikutip dari laman CDC.

Penyakit kesuburan lainnya yakni fibroid uterus. Ini merupakan tumor non kanker yang paling umum terjadi pada wanita usia subur. Fibroid terbuat dari sel otot dan jaringan lain yang tumbuh di dalam dan di sekitar dinding rahim atau di rahim. Penyebabnya tidak diketahui tetapi gejalanya biasa ditandai dengan merasa kenyang di perut bagian bawah, sering buang air kecil, nyeri saat berhubungan seks, nyeri punggung bawah, masalah reproduksi, dan lainnya.

Selain itu, ada pula penyakit kesuburan yang meliputi kanker ginekologi. Kanker ini dimulai di berbagai tempat di dalam panggul wanita yaitu di area bawah perut dan di antara tulang pinggul.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk mengupas lebih jauh mengenai penyakit kesuburan yang buat susah hamil.

Simak juga ya efek pemakaian KB pada kesuburan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGENAL JENIS KANKER PENYAKIT KESUBURAN PADA WANITA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!