sign up SIGN UP search


kehamilan

Apakah Penebalan Dinding Rahim Selalu Jadi Tanda Hamil?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 17 Nov 2022 19:20 WIB
USG Penebalan dinding rahim/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Penebalan dinding rahim menjadi salah satu perubahan tubuh di awal kehamilan. Kondisi ini wajar terjadi, karena ketebalan dinding rahim memang akan berubah pada setiap bulan kehamilan.

Ketebalan dinding rahim pada kehamilan sangat berpengaruh pada kesehatan janin ke depannya, apakah nanti akan ada masalah atau tidak selama kehamilan. Dinding rahim sendiri merupakan lapisan rahim tempat implantasi embrio untuk memulai kehamilan.

Setiap bulannya, ketebalan dinding rahim akan berubah dan ini menjadi parameter yang dinilai selama tes USG. Dokter akan memeriksa ketebalan dinding rahim untuk menentukan penyebab yang mendasari setiap perdarahan uterus abnormal selama kehamilan, seperti dikutip dari laman Mom Junction.


Dinding rahim sendiri merupakan lapisan dalam rahim, tempat implantasi embrio terjadi. Namun, seiring bertambahnya usia kehamilan dinding rahim mengalami berbagai perubahan morfologis dan fungsional.

Ketika tingkat hormon seks berubah dalam tubuh selama ovulasi, ketebalan lapisan dinding rahim juga berubah untuk memungkinkan implantasi sel telur yang telah dibuahi. "Jika pembuahan tidak terjadi, maka lapisan endometrium luruh, menyebabkan aliran menstruasi," ujar Dr Sangeeta Agrawal, MD.

Perlu Bunda ketahui bahwa baik pada ibu hamil maupun tidak hamil, berkemungkinan memiliki endometrium yang menebal secara tidak normal karena berbagai alasan. Pada ibu hamil sendiri, penebalan dinding rahim disebabkan mola yang dapat membuat endometrium terlihat tebal, kantung pseudogestational, hasil konsepsi yang tertahan, endometrium yang menebal secara heterogen karena bekuan darah intrauterin, radang rahim, dan lainnya.

Sementara pada wanita yang tidak hamil, penebalan dinding rahim bisa terjadi karena karsinoma endometrium yang memberikan tampilan menebal, polip endometrium, hiperplasia endometrium atau penebalan endometrium yang berlebihan, dan faktor lainnya.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi lebih lengkapnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga perbedaan perut tebal karena hamil atau lemak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENEBALAN DINDING RAHIM TANDA HAMIL?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!