sign up SIGN UP search

kehamilan

Bila Tanda Melahirkan Muncul saat Bumil Tidur, Tak Perlu Panik Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 17 Nov 2022 18:10 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Tidur caption
Jakarta -

Selama memasuki masa akhir kehamilan, tentu yang merasa takut tentang kapan dan di mana melahirkan terjadi karena itu bisa saja lebih cepat dari Hari Perkiraan Hamil (HPL). Tapi, pernahkah berpikir, bagaimana jika waktu melahirkan datang saat Bunda tertidur lelap?

Tidak semua, tapi mungkin beberapa Bunda pernah memikirkan hal ini karena persalinan bisa terjadi kapan dan di mana saja. Bahkan melahirkan dalam tidur sebenarnya itu memungkinkan sekali lho Bunda.

Bila tanda melahirkan muncul saat tidur

“Tanda persalinan dapat muncul kapan pun,” jelas Alexandra Bratschie, bidan perawat bersertifikat di Spectrum Health West Michigan dikutip dalam Romper. Oleh karena itu, selama proses persalinan cobalah untuk tidak panik karena setiap kehamilan itu berbeda dan setiap persalinan pun berbeda.


“Beberapa ibu yang akan melahirkan bisa merasakan kram atau kontraksi awal, tapi ada juga yang tidak terlalu merasakannya. Jadi jangan jadikan kekhawatiran tersebut mengganggu kualitas tidur. Nikmati saja waktu tidur karena Anda akan membutuhkannya," tambah Bratschie.

Potensi tanda melahirkan muncul saat tidur

Melahirkan di malam hari bisa saja terjadi. Bahkan statistik data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengklaim bahwa sebagian besar kelahiran di Amerika Serikat terjadi di antara jam tersebut.

Melahirkan di malam hari mungkin terjadi karena adanya jumlah melatonin yang diproduksi tubuh untuk jatuh dan tetap tertidur. Ini bisa berbaur dengan hormon kehamilan oksitosin untuk memulai kontraksi, seperti yang dilaporkan sebuah studi di jurnal kebidanan Reproductive Sciences.

"Persalinan yang dimulai pada malam hari saat Anda sedang tidur sangat umum terjadi," kata Megan Davidson, seorang doula yang berbasis di Brooklyn. Terkadang, beberapa Bunda bisa tertidur saat kontraksi ringan pada awal persalinan.

Hal itu terjadi kurang lebih sama seperti saat Bunda mungkin tertidur karena kram menstruasi atau ketidaknyamanan tubuh lainnya. Kemudian, di lain sisi kontraksi itu membangunkan Bunda, terutama jika kontraksinya makin kuat.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu lebih lanjut tentang persalinan saat Bunda tidur.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 cara ampuh percepat pembukaan agar melahirkan normal terasa mudah.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA MELAHIRKAN SAAT TIDUR?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!