sign up SIGN UP search


kehamilan

15 Kelas Yoga Ibu Hamil di Jakarta, Simak Manfaat hingga Biayanya

Asri Ediyati   |   Haibunda Minggu, 20 Nov 2022 20:15 WIB
Pregnancy Stretches For Easy Delivery. Pregnant woman doing pilates at home on yoga mat. Copy space Tempat yoga ibu hamil di Jakarta/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

Yoga saat hamil dikenal memiliki segudang manfaat untuk janin dan bundanya. Yoga sendiri merupakan cara yang bagus untuk tetap aktif selama kehamilan.

Aktivitas fisik secara teratur selama kehamilan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat, serta persiapan yang bagus untuk menghadapi kelahiran. Yoga adalah salah satu bentuk olahraga yang paling bermanfaat.

Menurut American College of Obstetricians and Gynaecologists, yoga yang dimodifikasi adalah latihan yang aman selama kehamilan. Namun, seperti semua olahraga baru selama kehamilan, Bunda disarankan untuk mendapatkan lampu hijau dari dokter sebelum bergabung dengan kelas.


Yoga adalah cara yang populer bagi ibu hamil untuk meningkatkan kelenturan dan kekuatan, meredakan ketegangan dan stres, serta membantu meredakan beberapa gejala pranatal yang umum, mulai dari nyeri punggung bawah hingga pinggul yang kencang.

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Ada beberapa manfaat yoga yang dapat dirasakan Bunda selama kehamilan hingga persalinan nanti. Berikut manfaatnya, dikutip dari Baby Center:

1. Olahraga yang efektif

Yoga ibu hamil adalah latihan yang efektif. Kelas yoga prenatal sangat populer, dan jika dipasangkan dengan latihan kardiovaskular (seperti jalan kaki), yoga bisa menjadi cara yang ideal bagi calon ibu untuk tetap bugar. Apakah Bunda seorang pemula atau berpengalaman, yoga dapat membuat ibu hamil tetap lentur, mengencangkan otot, dan meningkatkan keseimbangan dan sirkulasi selama kehamilan.

2. Mampu hadapi persalinan

Yoga membantu Bunda menghadapi tuntutan fisik persalinan, kelahiran, dan menjadi ibu baru. Yoga mengajarkan Bunda cara bernapas dalam-dalam dan rileks secara sadar. Belajar bernapas sepenuhnya adalah salah satu hal pertama yang akan dipelajari di kelas yoga.

3. Siap menangani situasi stres

Yoga mempersiapkan Bunda untuk persalinan. Memelajari pernapasan membantu Bunda tetap tenang saat proses persalinan berlangsung. Saat kesakitan atau takut, tubuh memproduksi adrenalin dan mungkin menghasilkan lebih sedikit oksitosin, hormon yang membuat proses persalinan berjalan lancar. Latihan yoga yang teratur akan membantu Bunda menahan keinginan untuk mengejan saat merasakan sakit. Dengan berlatih relaksasi dalam yoga, Bunda akan lebih siap untuk menangani situasi stres.

4. Menurunkan risiko komplikasi persalinan

Yoga menurunkan risiko untuk ibu hamil dan bayi. Menurut tinjauan dari 10 studi penelitian, yoga prenatal menurunkan kemungkinan mengalami komplikasi kehamilan, tingkat rasa sakit dan stres, dan bahkan mungkin risiko memiliki bayi yang kecil untuk usia kehamilannya.

5. Temukan komunitas yang sehat

Ya, Bunda dapat menemukan komunitas yang sehat. Manfaat yoga tidak terbatas pada kehamilan dan kesehatan fisik Bunda. Berada di lingkungan yang positif dan mendukung dengan orang lain dapat memberi dorongan emosional yang teratur dan membuat tetap termotivasi untuk terus berolahraga.

"Mengambil kelas yoga prenatal adalah cara yang bagus untuk bertemu wanita hamil lainnya dan menjadi bagian dari komunitas," kata Cynthea Denise, perawat terdaftar dan instruktur yoga prenatal di Oakland, California.

Bicara tentang kelas yoga prenatal atau yoga ibu hamil, Bubun punya rekomendasi kelas yoga ibu hamil di Jakarta, nih. Cek berikut ini untuk daftarnya!

Kelas Yoga Ibu Hamil Terdekat Jakarta Utara

Berikut rekomendasi tempat Yoga Ibu Hamil di daerah Kelapa Gading, Sunter, Pluit:

1. Yoga Fit Kelapa Gading

Yoga Fit Kelapa Gading berlokasi di The Premiere Corporation, Jl. Bulevard Artha Gading Blok A6A No. 9-10, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Jika dilihat dari laman resminya, Yoga Fit buka 7 hari seminggu, memiliki instruktur bersertifikat internasional. Yoga Fit juga mengklaim bahwa suasana kelasnya menyenangkan dan ramah, serta untuk segala usia.

Selain itu terdapat beberapa manfaat jika Bunda daftar keanggotaannya. Untuk kelas prenatal, Bunda bisa langsung cek di jadwal yang tertera di website karena jadwalnya berbeda tiap pekan. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai kelas dan harga, Bunda bisa menghubungi kontaknya di laman resmi mereka.

2. LifeStudio Pilates & Yoga Jakarta

LifeStudio Pilates & Yoga berlokasi di Altira Business Park, Sunter, Jl. Yos Sudarso Kav 85 No.5, Sunter Jaya, Jakarta Utara. Dikutip dari laman resminya, LifeStudio menyediakan beberapa kelas privat dan grup. LifeStudio mengklaim bahwa suasana studio mereka nyaman dan santai untuk melakukan kelas pilates dan yoga.

Sesuai dengan klaimnya, testimoni dari pelanggan pun mengungkap bahwa studio milik LifeStudio juga bersih dan nyaman, lho. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai kelas dan harga, Bunda bisa menghubungi kontak resmi mereka yang tertera di akun IG @lifestudiojkt.

3. Yoga Fit Pluit

Yoga Fit Pluit berlokasi di Jl. Pluit Permai Barat Raya No.9, Pluit, Jakarta Utara. Jika dilihat dari laman resminya, Yoga Fit buka 7 hari seminggu, memiliki instruktur bersertifikat internasional. Yoga Fit juga mengklaim bahwa suasana kelasnya menyenangkan dan ramah, serta untuk segala usia. Selain itu terdapat beberapa manfaat jika Bunda daftar keanggotaannya.

Untuk kelas prenatal, Bunda bisa langsung cek di jadwal yang tertera di website karena jadwalnya berbeda tiap pekan. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai kelas dan harga, Bunda bisa menghubungi kontaknya di laman resmi mereka.

Kelas Yoga untuk Bumil di Jakarta Pusat

Bagi Bunda yang tinggal di daerah Menteng, berikut kelas Yoga terdekat di Jakarta Pusat:

1. Mudita Yoga

Mudita Yoga berlokasi di Jl.KH Wahid Hasyim No.31c Kb.Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. Mudita Yoga menyediakan kelas spesifik iyengar yoga. Tapi juga menyediakan kelas yoga untuk ibu hamil. Untuk prenatal yoga, Bunda perlu melakukan appointment terlebih dahulu ke kontak resmi mereka +6285695160609.

2. House of Pilates Privée

House of Pilates Privee berlokasi di Jl. Lombok No.1, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Sesuai namanya, studio ini memang spesifik pada pilates. Namun, juga membuka kelas yoga. Untuk informasi lebih lengkapnya, Bunda bisa kunjungi laman Instagram-nya di @house.of.pilates_privee.

Untuk di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Barat klik ke halaman selanjutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak informasi seputar olahraga yang dilarang untuk ibu hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KELAS YOGA IBU HAMIL TERDEKAT DI JAKARTA TIMUR DAN JAKARTA SELATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!