sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Posisi Duduk yang Baik dan Buruk untuk Bumil, Termasuk saat Bekerja di Kantor

Siti Masitoh   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 19:36 WIB
posisi duduk ibu hamil caption
Jakarta -

Selama hamil, banyak Bunda yang mengeluhkan munculnya rasa nyeri pada pinggang, leher, dan bahu. Sakit ini biasanya terjadi karena perubahan drastis pada postur tubuh selama hamil.

Bunda hamil mungkin juga akan merasa kesulitan saat hendak melakukan pekerjaan yang mengharuskan berdiri ataupun duduk. Itu disebabkan kenaikan berat badan selama hamil. Namun, ternyata ada lho posisi berdiri dan duduk yang baik dan buruk selama hamil.

"Posisi duduk yang salah dapat membuat ibu hamil merasa kurang stabil dan menyebabkan rasa sakit saat berjalan, berdiri, duduk dalam waktu lama, berguling di tempat tidur, turun dari kursi rendah atau bak mandi, membungkuk, atau mengangkat barang," kata Sally Urang, MS, RN, CNM, seorang bidan, dikutip dari Baby Center.


Posisi duduk yang baik saat hamil

Postur yang baik adalah saat tubuh Bunda sejajar dengan benar saat duduk, berdiri, dan berbaring. Sederhananya, ini merupakan kebiasaan berdiri dan duduk tegak. Bunda perlu tahu bahwa posisi tubuh yang baik ini sangat penting untuk kehamilan yang sehat.

Postur tubuh yang salah bukan hanya menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, tapi juga bisa membahayakan Si Kecil atau menyebabkan cedera. Perlu diketahui, pada tahap akhir kehamilan, rasa sakit ini bisa semakin parah.

Ini disebabkan hormon mulai melunakkan ligamen dan tendon di persendian. Postur tubuh yang buruk selama kehamilan juga bisa menyebabkan komplikasi dan membuat persendian teriritasi bahkan setelah melahirkan.

Hal itu juga bisa memengaruhi fungsi tubuh seperti pencernaan dan pernapasan. Oleh sebab itu, menjaga postur tubuh yang baik selama kehamilan itu sangat penting. Postur tubuh yang baik juga akan membantu Si Kecil memantapkan dirinya pada posisi melahirkan yang tepat.

Posisi duduk yang benar selama kehamilan memang penting dilakukan karena ini bisa meredakan ketidaknyamanan dan mengurangi tekanan pada tulang belakang. Melansir laman Parenting firstcry, terdapat beberapa kiat sederhana yang mungkin menunjukkan bagaimana cara duduk selama kehamilan.

  • Saat Bunda duduk, punggung harus lurus dan tarik bahu ke belakang. Bokong harus menyentuh panggung kursi.
  • Letakkan kaki Bunda secara merata di lantai. Kemudian, lutut dan pinggul harus diatur pada 90 derajat. Pelvis harus disejajarkan dengan sedikit mencondongkannya ke depan dan telinga harus sejajar dengan bahu serta harus sejajar dengan pinggul.
  • Cobalah memilih kursi yang keras dan bersandaran tegak untuk diduduki. Ambil bantal empuk atau handuk kecil yang digulung dapat diletakkan di belakang punggung bawah (di lekukan punggung) untuk penyangga tambahan.
  • Siapkan tumpuan kaki untuk Bunda mengangkat kaki. Ini bisa mengurangi ketegangan pada punggung bawah. Jika tidak memiliki tumpuan kaki, pastikan Bunda duduk di kursi yang cukup rendah sehingga bisa meletakkan kedua kaki secara merata di lantai.
  • Jika duduk lama, Bunda bisa melakukan senam kaki sederhana untuk meningkatkan sirkulasi dan menghindari kram.
  • Jika Bunda diharuskan duduk berjam-jam di tempat kerja, jangan lupa untuk bangun dan berjalan-jalan selama beberapa menit secara berkala.
  • Saat di tempat kerja, sesuaikan ketinggian kursi yang Bunda duduki sehingga sejajar dengan meja. Duduklah di dekat meja sehingga Bunda dapat mengistirahatkan lengan dan siku di atas meja atau kursi. Ini akan membantu mengendurkan bahu.
  • Posisi duduk lain yang baik adalah duduk di tepi kursi dan membungkuk sepenuhnya. Kemudian angkat diri Bunda dan tingkatkan lekukan punggung sebanyak yang Bunda bisa. Tahan selama beberapa detik. Posisi sedikit rileks (sekitar 10 derajat). Pastikan untuk mendistribusikan beban tubuh secara merata di kedua pinggul.
  • Saat duduk di lantai, Bunda bisa duduk dengan pose tukang sepatu. Duduk tegak dengan lutut ditekuk dan tumit disatukan.

Melansir laman Webmd, tidak masalah jika ingin mengambil posisi duduk lain tapi hanya dalam waktu yang singkat dan sebagian besar waktu harus dihabiskan seperti yang dijelaskan di atas sehingga tekanan pada punggung tidak besar.

Klik halaman berikutnya untuk tau lebih lanjut tentang posisi duduk yang harus Bunda hamil hindari.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 manfaat bantal hamil untuk tidur bumil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
POSISI DUDUK YANG HARUS BUNDA HAMIL HINDARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!