sign up SIGN UP search

kehamilan

Mengangkat Kaki setelah Hubungan Seks Bikin Cepat Hamil? Simak Faktanya

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 20:45 WIB
Mengangkat kaki caption
Jakarta -

Bunda yang sedang mencoba untuk hamil, mungkin akan melakukan banyak cara yang mungkin saja bisa membantu ya. Mungkin juga pernah mendengar tentang mengangkat kaki setelah berhubungan seks itu bisa meningkatkan peluang untuk hamil, tapi benarkah itu bisa membantu?

Mitos kehamilan ini umum dilakukan Bunda yang menjalani program hamil. Dipercayai, hal ini bisa memaksimalkan pembuahannya dengan berbaring sambil mengangkat kaki ke udara setelah berhubungan seks atau inseminasi buatan.

Fakta mengangkat kaki bisa membantu Bunda hamilĀ 

Sebelum membahas lebih jauh, Bunda harus tau apa itu inseminasi dan bagaimana pembuahan terjadi. Istilah inseminasi digunakan untuk proses saat sperma memasuki rahim untuk membuahi sel telur atau konsepsi.


Hal tersebut bisa terjadi dalam dua cara. Pertama, saat berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman sehingga mengakibatkan air mani masuk ke dalam vagina. Kedua adalah inseminasi buatan. yang bisa dilakukan di klinik kesuburan atau di rumah.

"Inseminasi intrauterin (juga dikenal sebagai IUI) dilakukan oleh penyedia layanan kesehatan di kantor setelah ejakulasi dicuci dan dipekatkan," kata Tiffany Jones, MD., ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas, dikutip dalam flo.health.

Apakah mengangkat kaki bisa membantu Bunda hamil?

Melansir laman Romper, USC Fertility mengatakan bahwa tidak ada bukti akurat bahwa mengangkat kaki setelah berhubungan seks akan meningkatkan peluang kehamilan. Sebab saat sperma masuk ke saluran serviks, sperma akan melakukan perjalanan ke saluran tuba dalam waktu kurang dari dua menit. Jadi mengangkat kaki mungkin tidak akan membuat suatu perbedaan.

Walaupun begitu, ada beberapa hal tertentu yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan peluang hamil, termasuk mungkin yang paling penting yaitu berhubungan seks atau IUI pada hari-hari sebelum atau hari ketika Bunda melepaskan sel telur saat ovulasi.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tau lebih lanjut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 cara cepat hamil, salah satunya berhubungan seks secara teratur.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
MENINGKATKAN PELUANG HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!