sign up SIGN UP search


kehamilan

Janin Cegukan di Perut Kiri Bawah, Menandakan Si Kecil Aktif dan Sehat?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 22:15 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Janin Cegukan di Perut Kiri Bawah, Menandakan Si Kecil Aktif dan Sehat?/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bunda, jika Si Kecil sehat, sedari dalam kandungan pun dia akan leluasa bergerak riang ya. Mulai dari menendang, berguling yang kadang memberi sensasi menusuk pada perut Bunda, ternyata Si Kecil juga bisa cegukan, yang oleh beberapa Bunda disebut mirip kedutan di perut.

Mengutip dari Medicalnewstoday, mengidentifikasi cegukan bisa jadi sulit, Bunda. Namun, orang hamil mungkin memperhatikan bahwa sensasi cegukan lebih berirama daripada gerakan lainnya. Beberapa orang menggambarkannya sebagai kedutan atau perasaan berdenyut yang mirip dengan kejang otot.

Masih menurut Medicalnewstoday, meskipun sulit untuk menentukan dengan tepat mengapa beberapa orang hamil merasakan janin mereka cegukan di dalam kandungan, biasanya itu merupakan pertanda baik dan merupakan bagian alami dari kehamilan, Bunda. Yuk ketahui lebih lanjut tentang cegukan pada janin. Simak terus ya.


Janin cegukan di dalam perut kiri bawah

Melansir dari Vinmec, cegukan pada bayi di perut disebabkan gerakan diafragma yang tidak normal, Bunda. Karena organnya belum sempurna, janin tidak bisa menyeimbangkan ritme menelan dengan sendirinya. Saat menelan, bayi menarik atau mengeluarkan napas, mendorong cairan ketuban keluar, menyebabkan cegukan.

Selain itu, tali pusat Bunda terkompresi pada usia janin 32 minggu, pada usia ini, Bunda hamil mungkin akan semakin sering merasakan kedutan di perut yang menandakan Si Kecil kedutan.

Nah, penyebabnya mungkin karena kompresi tali pusat ini, Bunda. Jika terjadi, ini merupakan penyebab yang berbahaya dan memengaruhi kesehatan janin, Bunda. Tali pusat tertekan, jumlah oksigen yang dialirkan berkurang, menyebabkan janin cegukan dalam waktu lama.

Meski demikian, cegukan janin lebih menandakan bahwa dia sehat, Bunda. Bunda bisa memeriksanya dengan meletakkan tangan di atas perut dan merasakan getaran seperti detak jantung dengan irama yang stabil.

Berbeda dengan cegukan, gerakan janin (aktivitas janin pada trimester kedua) atau gerakan janin (aktivitas janin pada trimester ketiga) tidak akan memiliki ritme yang sama, namun terkadang cepat, terkadang lambat, terkadang kuat. lemah dan muncul dalam berbagai posisi tergantung pada posisi anggota tubuh janin.

Cegukan dapat muncul kapan saja, Bunda. Tidak peduli siang dan malam. Bunda hamil bisa melihat gambaran cegukan melalui USG janin ya. Durasi rata-rata setiap cegukan adalah sekitar 3 hingga 15 menit setiap kali. Sehari bisa dari satu hingga beberapa cegukan muncul. 

Pada trimester kedua kehamilan, derajat gerakan janin dan saat bayi cegukan sama-sama ringan. Namun pada trimester ketiga, ada perbedaan besar antara gerakan janin dan cegukan. Bayi yang mengalami cegukan masih ringan, sedangkan janin bergerak sangat kuat, terkadang terlihat bekas tangan dan kaki pada dinding perut Bunda ya. 

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang seba-serbi gerakan janin, perbedaan antara laki-laki dan perempuan.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGATASI BAYI CEGUKAN DALAM PERUT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!