sign up SIGN UP search

kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Nonton Konser Musik? Ketahui Efek Suara Keras pada Janin

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 16:35 WIB
Ilustrasi Menonton Konser caption
Jakarta -

Mendengarkan musik saat hamil bisa memberikan manfaat pada perkembangan janin. Sudah banyak penelitian yang membuktikannya, Bunda.

Lalu apakah ibu hamil atau bumil boleh mendengarkan musik langsung dari konser? Apakah suara musik dari konser tidak berbahaya bagi janin?

Penulis buku You & Your Baby: Pregnancy dan Direktur Persalinan di Massachusetts General Hospital, Laura Riley, MD, mengatakan bahwa bumil tidak dilarang untuk menonton konser musik. Suara musik dari konser tidak akan berbahaya untuk janin.


"Beberapa wanita hamil khawatir dengan suara keras karena bayi bisa bergerak saat mendengarnya. Tapi, itu tidak akan menyakiti pendengaran bayi atau menyebabkan kerusakan lainnya," kata Riley, dilansir The Bump.

Hal yang sama juga dijelaskan dalam ulasan di laman What to Expect. Menonton konser saat hamil diperbolehkan karena hampir di semua konser, musik yang dihasilkan tidak terlalu keras dan durasinya tidak lama, sehingga tidak berbahaya untuk janin.

Janin mulai mendengar di trimester 2

Melansir dari Medical News Today, telinga bayi mulai menonjol keluar dari kepala pada usia 18 minggu. Pada tahap ini, otak mulai menentukan area yang akan mengatur bau, rasa, penglihatan, sentuhan, dan suara.

Memasuki usia kehamilan 22 hingga 24 minggu, janin akan mulai mendengar suara-suara yang berfrekuensi rendah dari luar rahim. Saat janin tumbuh dan indera pendengarannya berkembang, mereka pun dapat membedakan suara berbeda dalam jumlah yang semakin banyak.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Newborn and Infant Nursing Reviews tahun 2008, menjelaskan bahwa waktu paling vital untuk perkembangan pendengaran bayi adalah usia 25 minggu kehamilan. Di waktu ini, sel-sel rambut koklea, akson saraf pendengaran, dan neuron korteks pendengaran lobus temporal mulai bisa menerima sinyal frekuensi dalam intensitas tertentu.

Paparan suara dari konser biasanya tidak akan menimbulkan tingkat kebisingan yang tinggi. Tapi, Bunda perlu waspada bila terpapar dalam waktu lama ya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives tahun 2016 menjelaskan bahwa paparan suara keras yang terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada janin dalam kandungan.

Mengutip Parenting Firstcry, manusia umumnya dapat menahan suara hingga 80 desibel. Suara yang didengar di atas batas tersebut bisa menimbulkan masalah pada pendengaran, Bunda.

Bunda perlu hati-hati bila suara konser sudah melebihi 100 desibel. Standar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendengarkan musik dengan aman di ruangan atau acara adalah maksimal 100 desibel.

Meski aman untuk menonton konser saat hamil, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan nih. Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 7 makanan penambah berat janin, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENONTON KONSER SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!