sign up SIGN UP search


kehamilan

Syarat Melahirkan Normal jika Sebelumnya Caesar, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 09:10 WIB
Ilustrasi Melahirkan Syarat Melahirkan Normal Jika Sebelumnya Caesar, Bunda Perlu Tahu/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Melahirkan normal atau pervaginam menjadi impian banyak wanita. Tapi, terkadang pilihan ini sulit diambil bila sebelumnya Bunda melahirkan dengan operasi caesar.

Melahirkan normal setelah operasi caesar disebut juga Vaginal Birth After Cesarean (VBAC). Artinya, Bunda tetap bisa melahirkan normal meski sebelumnya pernah menjalani operasi caesar.

"Bunda dapat melahirkan normal di kehamilan kedua setelah melakukan operasi caesar saat kehamilan pertama," kata Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Ilham Utama Surya, SpOG, saat dihubungi HaiBunda beberapa waktu lalu.


Namun, jika operasi caesar telah dilakukan lebih dari sekali (minimal dua kali), maka untuk berikutnya tidak dianjurkan melahirkan normal. Bunda bisa berisiko mengalami komplikasi karena bekas luka operasi yang terbuka.

"Pada saat persalinan, ruptur uteri dapat menyebabkan sobeknya rahim di dalam perut. Risiko ini terjadi 1 sampai 2 persen pada ibu yang pernah melahirkan caesar," ujar Ilham.

Beda melahirkan normal dan operasi caesar

Dibandingkan operasi caesar, pilihan melahirkan normal memang memiliki manfaat. Melalui proses persalinan ini, Bunda bisa pulih dengan cepat.

Tak hanya itu. Kondisi bayi yang lahir melalui persalinan normal biasanya lebih kuat dibandingkan lahir dari operasi caesar. Hal ini karena bayi terlindungi dari paparan kuman saat lahir.

"Pada persalinan normal, antibodi di tubuh bayi lebih banyak mengenali kuman, sehingga lebih 'siap' menghadapinya. Sedangkan saat operasi caesar, ada pajanan terhadap kuman yang cenderung bisa menyebabkan alergi pada bayi, seperti asma atau dermatitis," ungkap Ilham.

Nah, bila memutuskan untuk menjalani VBAC, Bunda sebaiknya mempersiapkan dengan baik ya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menjalani VBAC. Apa saja syaratnya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga persiapan dan tips melahirkan normal, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

SYARAT MELAKUKAN VBAC
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!