sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman untuk Bunda pasca Persalinan Caesar

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 20:50 WIB
Ilustrasi Tidur Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman untuk Bunda pasca Jalani Persalinan Caesar/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Pemulihan pasca operasi caesar bisa berlangsung lebih lama dari persalinan normal, Bunda. Hal ini karena adanya sayatan luka bekas operasi.

Menurut Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Ilham Utama Surya, SpOG, penyembuhan luka bekas operasi caesar bisa berlangsung selama 3 bulan. Selama masa nifas, rahim Bunda akan kembali ke ukuran semula, yakni mengecil dan hanya teraba di organ panggul.

"Setelah operasi, biasanya Bunda akan perawatan di rumah sakit hingga 2 hari. Satu minggu setelah pulang, pasien akan diminta kembali ke rumah sakit untuk kontrol luka sayatan operasi caesar," kata Ilham saat dihubungi HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Selama kira-kira setelah 6 minggu pasca persalinan, Bunda perlu memantau luka bekas operasi caesar ya. Pemantauan dapat dilihat dari bekas luka, apakah mengganggu atau terjadi pendarahan.

Kontrol berikutnya juga paling perlu dilakukan kembali. Terutama bila Bunda berencana untuk hamil lagi.

Posisi tidur dan luka bekas pasca operasi caesar

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan usai operasi caesar adalah menjaga bekas luka agar tak infeksi. Bunda juga perlu memerhatikan posisi tidur yang aman dan nyaman, sehingga luka cepat sembuh.

Melansir dari Healthline, bekas luka sayatan di perut mungkin membuat Bunda sulit menemukan posisi tidur yang nyaman. Bunda diharuskan menghindari tekanan di area luka untuk mempercepat masa penyembuhan.

Tidak jarang banyak Bunda merasa sulit tidur karena tidak menemukan posisi yang pas saat tidur. Padahal, waktu tidur berkualitas sangat dibutuhkan bagi ibu baru usai melahirkan.

Ada beberapa pilihan posisi tidur untuk Bunda agar nyaman dan aman usai operasi caesar. Posisi-posisi tidur ini dapat membantu mengurangi tekanan pada lokasi luka bekas operasi hingga membuat tidur menjadi nyenyak. Apa saja posisi tidur yang aman dan nyaman untuk ibu pasca melahirkan caesar?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 kondisi yang dapat muncul setelah Bunda melahirkan caesar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
POSISI TIDUR YANG AMAN DAN NYAMAN USAI PERSALINAN CAESAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!