kehamilan

Penyebab Mimisan saat Hamil Trimester 1, 2 & 3 dan Cara Mengatasinya

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Rabu, 30 Nov 2022 07:00 WIB

Jakarta -

Mengalami mimisan di awal kehamilan merupakan salah satu hal yang wajar dialami para Bunda. Tapi, mimisan juga dapat terjadi di trimester kedua dan ketiga lho, Bunda.

Lalu apa penyebabnya ya? Apakah mimisan saat hamil bisa menjadi tanda yang berbahaya?

Bunda mungkin akan mengalami mimisan saat hamil di satu atau kedua hidung. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa detik hingga hampir 10 menit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Mimisan mungkin hanya bercak pendarahan hebat atau mungkin seperti darah kering yang ada di hidung dan tanpa sadar dikeluarkan," kata praktisi kesehatan holistik, Debra Rose Wilson, Ph.D, melansir dari Healthline.

"Jika mengalami mimisan saat berbaring atau tidur, Anda mungkin tidak menyadarinya. Tapi mungkin merasakan sesuatu mengalir di belakang tenggorokan."

Penyebab mimisan saat hamil

American Pregnancy Association (APA) menjelaskan, sistem peredaran tubuh Bunda akan meningkat selama kehamilan untuk perkembangan janin. Dilansir laman Cleveland Clinic, pasokan darah ibu hamil atau bumil akan meningkat sebanyak 50 persen saat hamil.

Perubahan tersebutlah yang dapat menyebabkan efek samping, seperti mimisan. Bumil menjadi lebih berisiko mimisan karena pembuluh darah di hidung sangat halus dan mudah pecah.

Istilah medis mimisan disebut juga epistaksis. Mimisan dapat diobati dan jarang sekali menyebabkan komplikasi kehamilan, Bunda.

Penyebab mimisan saat hamil trimester 1, 2, dan 3

Faktanya, mimisan cukup umum terjadi selama kehamilan. Satu studi menunjukkan, sekitar 20 persen wanita akan mengalai mimisan selama kehamilan.

Nah, berikut 5 penyebab mimisan saat hamil di tiap trimester:

1. Peningkatan volume darah

Saat hamil, jumlah darah dalam tubuh bumil akan meningkat secara dramatis. Peningkatan volume darah ini menyebabkan pembuluh darah halus di lapisan hidung lebih mudah pecah di bawah tekanan.

2. Perubahan hormon

Perubahan hormon juga dapat menyebabkan banyak gejala saat hamil, termasuk mimisan. Hidung Bunda mungkin lebih sering tersumbat saat hamil karena pengaruh hormon.

Hormon yang sama juga dapat memengaruhi selaput lendir di hidung, membuatnya lebih rentan terhadap pendarahan atau mimisan.

3. Dehidrasi

Bumil lebih rentan mengalami dehidrasi, sehingga membutuhkan lebih banyak air. Saat bumil mengalami dehidrasi, selaput lendir di hidung akan menjadi kering dan pecah-pecah. Hal ini bisa menjadi penyebab mimisan selama kehamilan.

4. Alergi atau pilek

Pembuluh darah di hidung mudah teriritasi dan meradang, terutama bila Bunda memiliki alergi musiman atau pilek. Kondisi ini membuatĀ Bunda lebih rentan mengalami mimisan.

Kondisi lain yang disebut rinitis kehamilan juga menyebabkan hidung tersumbat dan mimisan, terutama pada trimester pertama. Rinitis kehamilan adalah pembengkakan selaput lendir di hidung.

5. Kondisi medis lainnya

Beberapa kondisi medis mungkin bisa menjadi penyebab mimisan saat hamil. Salah satunya adalah tekanan darah yang sangat tinggi, Bunda.

Dalam studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery tahun 2020 menemukan bahwa orang dengan riwayat hipertensi memiliki risiko mengalami mimisan yang perlu segera ditangani di rumah sakit. Penelitian ini membandingkan hasilnya dengan orang yang tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi.

Meski begitu, menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah tinggi tidak menyebabkan mimisan kecuali bila Bunda memiliki tekanan darah yang sangat tinggi yang disebut krisis hipertensi.

Mimisan saat hamil dapat dicegah dan diatasi kok, Bunda. Bagaimana caranya? Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga pertolongan pertama saat mimisan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT