kehamilan

Makanan Sehat untuk Penderita Polip Rahim dan Pantangannya, Bisa Jadi Camilan Enak

Melly Febrida   |   HaiBunda

Selasa, 03 Jan 2023 18:00 WIB

Jakarta -

Polip rahim yang juga disebut polip endometrium terjadi ketika adanya pertumbuhan kecil dan lunak di bagian dalam rahim. Ini berasal dari jaringan yang melapisi rahim, endometrium. Makanan sehat ini kabarnya bagus untuk penderita polip rahim, namun ada juga yang menjadi pantangannya.

Sebelum membahas tentang diet bagi penderita polip rahim, yuk pahami dulu seperti apa polip rahim itu?

Definisi polip rahim 

Ukuran polip rahim ini bisa bervariasi, dari sekecil biji wijen hingga sebesar bola golf. Bunda bisa saja memiliki hanya satu polip atau sekaligus banyak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Melinda Ratini, DO, praktisi keluarga dan geriatri menjelaskan bahwa kebanyakan polip rahim bukanlah kanker. Kebanyakan wanita juga tidak bergejala, dan beberapa tidak memerlukan pengobatan. 

Apa penyebab polip rahim? Ratini bilang para ahli juga belum tahu persis alasan wanita bisa mengalami polip rahim. Namun, ini kemungkinan terkait dengan perubahan hormon. 

"Setiap bulan, kadar estrogen Anda naik dan turun, menyebabkan lapisan rahim Anda menebal dan kemudian luruh selama menstruasi. Polip terbentuk ketika terlalu banyak lapisan yang tumbuh," kata Ratini dilansir dari WebMD.

Kemungkinan lainnya, sejumlah wanita bisa memiliki polip rahim karena usia. Wanita berusia 40-50an tahun lebih mungkin memiliki polip. Itu mungkin karena perubahan kadar estrogen yang terjadi sebelum dan selama menopause.

Apabila Bunda memiliki kondisi di bawah ini, waspada karena berisiko lebih tinggi memiliki polip rahim:

  • Kegemukan

  • Tekanan darah tinggi

  • Obat kanker payudara tamoxifen

Pada wanita yang tidak bergejala apa pun, terutama jika polipnya kecil dan satu, segeralah berkonsultasi ke dokter jika mengalami beberapa tanda di bawah ini

  • Menstruasi tidak teratur, sehingga tidak dapat memprediksi waktu, durasi, atau derasnya.
  • Periode berat.
  • Pendarahan atau bercak di antara periode.
  • Pendarahan vagina setelah menopause.
  • Kesulitan hamil.

Komplikasi dari polip rahim

Kebanyakan polip rahim memang tak berbahaya, tapi beberapa bisa berubah menjadi kanker di kemudian hari. Kemungkinan itu lebih tinggi jika wanita sudah mengalami menopause.

Selain itu, kata Ratini, polip juga dapat menyebabkan masalah kesuburan. Bunda bisa saja sulit hamil atau lebih mungkin mengalami keguguran. 

"Itu karena mereka dapat mencegah sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim Anda atau menghalangi saluran tuba atau leher rahim Anda," jelas Ratini.

Bagaimana caranya supaya Bunda hamil? Ratini mengatakan, beberapa penelitian menemukan dengan menghilangkan polip maka dapat membantu Bunda untuk hamil. Namun, ini tidak memiliki bukti yang jelas dapat berhasil pada semua orang.

Untuk mengetahui makanan sehat apa saja untuk penderita polip rahim, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara membedakan perut buncit karena hamil atau lemak.

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT