sign up SIGN UP search

kehamilan

Bahaya Lalapan Mentah untuk Ibu Hamil, Ketahui Cara Tepat Memakannya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 12 Jan 2023 09:40 WIB
Ibu Hamil Makan Sayur caption
Jakarta -

Lalapan mentah adalah makanan khas yang disajikan sebagai pendamping beberapa masakan Indonesia. Mengonsumsi lalapan mentah saat hamil ternyata bisa berbahaya lho, Bunda.

Lalapan mentah terbuat dari sayuran mentah yang belum dimasak atau diolah. Biasanya, lalapan langsung disajikan setelah dicuci dengan air.

Ibu hamil makan lalapan mentah

Lalapan mentah sebenarnya tidak dilarang dikonsumsi selama hamil. Lalapan yang berisi sayuran mentah malah kaya akan vitamin, mineral, dan serat.


"Sayuran, bila dimakan mentah dapat memberikan banyak manfaat nutrisi bagi ibu dan bayinya. Beberapa manfaat nutrisi antara lain asam folat, kalsium, asam lemak esensial, dan serat," kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi Dr. Mona Hardas, dilansir Mom Junction.

Meski pun makan sayuran mentah dapat memberikan nutrisi, ibu hamil atau bumil tetap perlu waspada dengan bahaya yang mungkin mengintai. Sayuran dalam lalapan mentah bisa berpotensi menimbulkan masalah kesehatan yang bisa memengaruhi janin.

Bahaya lalapan mentah untuk ibu hamil

Sebagian besar sayuran mentah aman dikonsumsi selama hamil. Tapi, sayuran ini bisa berbahaya bila tidak dicuci dengan bersih, Bunda.

Sayuran dalam lalapan mentah dapat terkontaminasi oleh bakteri berbahaya, seperti Toxoplasma gondii, Salmonella, Listeria, dan E. coli. Penyakit yang disebabkan karena paparan kontaminasi bakteri Toxoplasma gondii disebut Toksoplasmosis.

Dalam ulasan di Jurnal Litbang Kemekes tahun 2013 dijelaskan bahwa Toksoplasmosis adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh Toxoplasma gondii dapat diperoleh dari makanan yang tidak dimasak, daging yang terinfeksi atau tanah faces kucing yang dapat menginfeksi ibu hamil.

Studi yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa toksoplasmosis menginfeksi sekitar 400-4000 janin setiap tahunnya.

"Wanita hamil yang terinfeksi Toxoplasma dapat menularkan infeksi ini kepada bayinya. Ini dapat menyebabkan penyakit yang memengaruhi mata dan sistem saraf," ujar Hardas.

Makan lalapan mentah tidak dilarang selama hamil asalkan Bunda menyiapkannya dengan benar. Baca halaman berikutnya untuk mengetahui cara menyiapkan lalapan mentah untuk dimakan selama hamil agar terhindari dari kontaminasi yang membahayakan janin.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 manfaat daun singkon untuk bumil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENYAJIKAN LALAPAN MENTAH UNTUK DIMAKAN SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!