sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Posisi Tidur yang Baik setelah Keguguran, Sesuaikan juga dengan Kondisi Tubuh

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 15 Jan 2023 18:50 WIB
Asian female patient warded and laying on the bed connected to multiple medical devices caption
Jakarta -

Keguguran tentu menjadi momen menyedihkan bagi sebagian besar ibu di dunia ini. Selain dampak emosional ini, tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan. Adakah posisi tidur yang baik setelah keguguran?

Seperti kita ketahui, keguguran itu umumnya terjadi sebelum usia kehamilan 23 minggu. Sekitar 10 hingga 15 persen mengalaminya, dan setengah atau dua pertiga kasus akibat cacat kromosom. Jika Bunda mempunyai riwayat keguguran sebelumnya, akan berisiko tinggi mengalami keguguran di kehamilan berikutnya.

Melansir dari laman Cleveland Clinic, hanya karena disebut keguguran, bukan berarti kesalahan ada pada Bunda yang menjalani hamil. Sebagian besar keguguran ada di luar kendali Bunda dan biasanya terjadi karena janin berhenti tumbuh.


Posisi tidur yang baik setelah keguguran 

Keguguran berbeda untuk setiap orang. Beberapa orang mengalami kram yang menyakitkan, sementara yang lain mengalami kram yang mirip dengan periode menstruasi. 

Jenis keguguran juga dapat memengaruhi tingkat rasa sakit. Misalnya, jika ibu hamil (bumil) mengalami keguguran total di rumah, bumil mungkin merasakan lebih banyak rasa sakit daripada orang yang mengalami keguguran dan menjalani prosedur pembedahan untuk mengangkat kehamilan.

Jika keguguran terjadi, janin harus dikeluarkan dari rahim. Apabila ada bagian kehamilan yang tertinggal di dalam tubuh tentu Bunda dapat mengalami infeksi, pendarahan hingga komplikasi lainnya.

Berbeda jika rahim mengeluarkan semua jaringan janin, maka biasanya tidak diperlukan perawatan lebih lanjut. Penyedia perawatan kehamilan akan melakukan USG untuk memastikan tidak ada yang tersisa di rahim.

Bunda yang belum mengeluarkan semua jaringan dengan sendirinya atau belum mengalami pendarahan, dokter akan merekomendasikan dengan pengobatan atau pembedahan.

1. Perawatan non-bedah

Dokter mungkin merekomendasikan bumil menunggu untuk melihat apakah mengeluarkan jaringan dengan sendiri. Ini terjadi jika Bunda sudah mengalami keguguran. 

Namun, menunggu untuk mengeluarkan jaringan tidak aman. Dokter mungkin merekomendasikan minum obat yang membantu rahim mengeluarkan jaringan. Pilihan ini biasanya hanya tersedia keguguran terjadi sebelum usia kehamilan 10 minggu.

Jika keguguran tidak dikonfirmasi, tetapi bumil memiliki gejala keguguran, dokter mungkin meresepkan tirah baring selama beberapa hari. Bumil mungkin dirawat di rumah sakit semalaman untuk observasi. 

Dan saat pendarahan berhenti, bumil mungkin dapat melanjutkan aktivitas normal. 

2. Perawatan bedah

Dokter dapat melakukan pelebaran dan kuretase/ dilation and curettage (D&C) atau pelebaran dan evakuasi/dilation and evacuation (D&E) jika bumil mengalami pendarahan hebat. Pembedahan juga bisa menjadi satu-satunya pilihan jika kehamilan melebihi usia kehamilan 10 minggu. 

Selama prosedur ini, serviks melebar, dan jaringan yang berhubungan dengan kehamilan yang tersisa dikerok atau disedot keluar dari rahim dengan lembut. Dokter melakukan operasi ini di rumah sakit, dan pasien akan dibius.

Seperti apa posisi tidur yang baik usai keguguran, dan bagaimana cara memulihkan diri yang begitu sedih? Simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips agar Bunda kembali nyaman bekerja setelah alami keguguran.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
POSISI TIDUR TERBAIK & CARA PEMULIHAN USAI KEGUGURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!