sign up SIGN UP search

kehamilan

Bila Alami Tanda Melahirkan Tanpa Muncul Flek, Normal atau Tidak?

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 18:00 WIB
Ilustrasi Melahirkan BIla Alami Tanda Melahirkan Tanpa Muncul Flek, Normal atau Tidak?/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Orang sering bilang salah satu tanda melahirkan itu muncul bercak-bercak darah atau flek. Nah, kalau tanda melahirkan tanpa muncul flek, normal atau tidak? 

Setiap wanita tentu memiliki pengalaman persalinan yang berbeda-beda. Melansir laman ClevelandClinic, pada akhir kehamilan digambarkan terjadi bloody show sebagai tanda ibu hamil (bumil) siap untuk persalinan. Apakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini yuk.

Tanda melahirkan tanpa muncul flek

Bloody show ini menjadi gejala umum pada akhir kehamilan yang disertai dengan tanda-tanda persalinan lainnya. Seperti kram, tekanan di panggul, serta kontraksi.


Bumil kemungkinan akan melihat keluarnya flek atau sejumlah kecil darah serta lendir dari vagina. Flek ini terjadi karena serviks mulai melunak dan menipis (efface) dan melebar (dilatasi) sebagai persiapan persalinan.

Saat serviks  melebar dapat memberi ruang ke bayi untuk melewatinya. Karena penuh dengan pembuluh darah, membuatnya mudah berdarah saat terjadi pelebaran. Bloody show ini merupakan darah dari serviks, yang bercampur dengan lendir dari sumbat lendir.

Munculnya darah ini sangat normal karena serviks berubah untuk persiapan persalinan. Lamanya waktu antara muncul flek dan memasuki persalinan dapat bervariasi untuk setiap bumil. Darah yang keluar juga bisa berwarna merah, cokelat, atau merah muda dan bisa mengandung semua atau sebagian sumbat lendir. Ini akan menjadi tekstur berserabut seperti jeli. 

Bloody show ini lebih mirip lendir dengan bercak darah. Beberapa wanita sekaligus kehilangan sumbat lendir . Dalam beberapa kasus, bloody show akan terjadi secara bertahap.

Nah, kalau tidak ada darah yang keluar bagaimana? Karena setiap bumil berbeda-beda gejalanya, ada kemungkinan bumil tidak menyadari bahwa flek sudah terjadi. Dalam beberapa kasus, bercak darah yang keluar sangat ringan dan sangat bertahap sehingga hampir tidak terdeteksi. 

Ada juga bumil yang mengeluarkan gumpalan darah sekaligus sehingga mengetahui ada tanda persalinan. Sebaiknya segera hubungi dokter jika bumil mengalami flek di akhir kehamilan.

Bloody show yang dikeluarkan sebagai tanda persalinan ini seharusnya tidak lebih dari satu atau dua sendok makan cairan. Jika terjadi pendarahan hebat, yang bisa terjadi kapan saja waspada tanda komplikasi. Hubungi dokter jika bumil mengalami pendarahan hebat selama kehamilan.

Bloody show memang menjadi tanda persalinan akan tiba. Namun waktu tidak dapat ditebak berapa lama persalinan terjadi usai flek ini. Ini bervariasi dari wanita ke wanita dan dari kehamilan ke kehamilan.

Tak alami flek sebelum persalinan, normal atau tidak? Simak penjelasannya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang kenali tanda waktu melahirkan sudah dekat:

[Gambas:Video Haibunda]



FLEK SEBELUM PERSALINAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!