sign up SIGN UP search

kehamilan

Kisah Ratu Jane Seymour Meninggal Usai Melahirkan, Disebut Awal Sejarah Operasi Caesar

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 14 Jan 2023 17:31 WIB
Ilustrasi Ratu Inggris caption
Jakarta -

Jane Seymour adalah istri ketiga Raja Henry VIII dari Inggris dan ibu dari Raja Edward VI. Kisah Jane selama menjadi istri Henry VIII sempat mencuri perhatian publik pada masanya, Bunda.

Dilansir laman Britannia, Jane adalah putri dari Sir John Seymour. Ia resmi dipersunting Henry VIII pada tanggal 30 Mei 1536.

Dari pernikahannya dengan Henry VIII, Jane dikaruniai raja masa depan, Edward VI. Sang putra lahir pada tahun 1537. Setelah 12 hari melahirkan penerus tahta, Jane meninggal dunia.


Jane disebut melahirkan secara caesar

Proses kelahiran Edward VI masih menjadi misteri hingga saat ini, Bunda. Menurut ulasan di jurnal Endeavour, tidak ada bukti langsung yang mendokumentasikan dengan tepat terkait proses persalinan Jane pada saat melahirkan putranya.

Namun, banyak pakar percaya bahwa proses persalinan Jane dilakukan melalui operasi caesar. Ini bahkan disebut sebagai sejarah pertama kali operasi caesar dilakukan sebelum tenar di era modern.

Jene Seymour diduga melahirkan secara caesar karena mengalami masalah saat proses persalinannya. Sumber utama cerita persalinan Jane berasal dari penentang Katolik bernama Nicholas Sander.

"Pada tanggal 10 Oktober [1537], Jane Seymour melahirkan seorang putra, yang diberi nama Edward. Tetapi Ratu mengalami kesulitan saat melahirkan. Raja pun ditanya siapa dari dua nyawa yang harus diselamatkan; dia menjawab, anak laki-lakinya, karena dia dapat dengan mudah mencari istri lain. Karena itu Jane meninggal segera setelah melahirkan, dan dimakamkan di Windsor," demikian tulis Sander dalam buku berjudul Rise and Growth of Anglican Schism, dikutip dari laman The Anne Boleyn File.

Dalam bukunya yang ditulis dalam Bahasa Latin asli, Sanders menjelaskan lebih detail tentang persalinan Jane. Ia menjelaskan bahwa dokter menggunakan keterampilan bedah untuk mengeluarkan Edward setelah ayahnya mengambil keputusan.

Di dalam ulasan lainnya diceritakan bahwa Jane digambarkan sebagai wanita berusia 30 tahun (sebenarnya 36 tahun) dan hamil untuk pertama kalinya. Ia melahirkan pada 10 Oktober 1537 pada pukul 5 sore setelah menjalani kehamilan yang normal.

Jane disebut mengalami kontraksi spontan setelah selaput ketubannya pecah. Beberapa jam kemudian, Jane diperiksa oleh seorang dokter bernama Dr. George Owen.

Melansir dari BBC, proses persalinan Jane Seymour disebut memakan waktu dua malam tiga hari. Hal ini mungkin terjadi karena posisi bayi dalam kandungannya tidak tepat untuk dilahirkan.

Kisah persalinan Jane Seymour hingga kini masih simpang siur. Banyak teori beredar tentang tindakan pembedahan yang disebut dilakukan selama proses persalinan. Beberapa di antaranya dibuat oleh lawan politik Henry VIII, Bunda.

Apa saja rumor yang beredar dan sejauh mana kebenarannya? Baca di halaman selanjutnya yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 kondisi yang dapat muncul usai operasi caesar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

RUMOR TENTANG KONDISI JANE USAI MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!