sign up SIGN UP search

kehamilan

Zikir untuk Ibu Hamil, Bermanfaat untuk Si Kecil Sejak dalam Kandungan

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 13 Jan 2023 16:10 WIB
Cute and lovely pregnant Muslim woman and her Muslim friend, spending the time together on a city street. caption
Jakarta -

Ketika seseorang melakukan zikir, ia akan senantiasa waspada dan ingat bahwa dirinya berstatus sebagai hamba Allah. Di mana, setiap kegiatannya akan menjadi pengingat atas pengabdian dirinya kepada Allah SWT. Termasuk dalam kondisi hamil.

Dengan berzikir, ibu hamil senantiasa menumbuhkan kesadaran untuk menyandarkan hidup dan kehidupannya dalam naungan Allah. Mengutip buku Mendidik Anak Dalam Kandungan karya Ubes Nur Islam, dengan bekal kesadaran semacam ini, ibu hamil akan berupaya keras untuk melibatkan anak dalam kandungannya secara terus-menerus sepanjang ia terjaga.

Dalam artikel ini, Bubun akan membahas tentang dzikir ibu hamil, manfaat, hingga bacaan dzikirnya. Simak selengkapnya di bawah ini.


Manfaat dzikir untuk ibu hamil

Dikutip dari buku Didiklah Anakmu Ala Rasulullah karya Ukasyah H, ada beberapa manfaat berdzikir bagi ibu hamil dan janin yang berada dalam kandungan, berikut manfaatnya:

1. Menyembuhkan penyakit

Telah banyak di literatur menunjukkan bahwa ibu hamil rentan sakit, baik fisik maupun psikis. Dalam Islam, berbagai penyakit ibu hamil dapat disembuhkan dengan zikir. Berzikir dapat membawa ketenangan dan menghapus kelelahan.

2. Disalami malaikat

Menurut HR. Tirmidzi dan Ahmad, Rasulullah memahami bahwa zikir merupakan amalan yang mulia. Kemuliaan tersebut hadir karena ketika seseorang berzikir, maka para malaikat akan turun menemui dan menyalaminya.  Dengan demikian, seorang ibu hamil yang sering berzikir akan memiliki kesempatan bersalaman dengan para malaikat, demikian pula terjadi pada anak yang masih dikandung.

3. Diberi keberuntungan

Dalam Alquran, surat al-Anfaal ayat 45 memiliki arti: "Maka, berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya, agar kamu beruntung"

Berdasarkan itu, dapat dikatakan ibu hamil yang banyak berzikir akan mendapat keberuntungan dari Allah SWT. Misalnya, berupa anak yang terlahir dalam keadaan sempurna, sehat, dan bersifat saleh maupun saleha.

4. Mengatasi masalah psikologis

Ibu hamil rentan mengalami masalah psikologis, yang mana dapat berdampak buruk bagi kesehatannya dan janin yang dikandung. Untuk mengurangi rasa stres, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk mengingat-Nya melalui zikir. Sebab, zikir dapat membuat hati tentram. Sebagaimana dalam ar-Ra'd ayat 28. yang artinya:

"Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram".

5. Diingat Allah

Seseorang yang rajin berzikir akan diingat oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah lewat Al-Baqarah ayat 152: "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ki, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu. Dan, bersyukurlah kepada-Ku serta jangalah kamu mengingkari (nikmat)Ku."

Jika ibu hamil mengingat Allah, maka janin dalam kandungannya pun mengingat Allah. Dengan demikian, Allah akan mengingat ibu hamil beserta janinnya.

Kalimat zikir untuk ibu hamil

Berikut beberapa kalimat zikir yang dapat dibaca ketika hamil:

1. Tasbih

Tasbih merupakan ungkapan pengagungan, penyucian kepada Allah SWT. Dengan membaca kalimat tasbih, "Subhanallah", berarti ia sedang menyucikan Allah SWT.

Membaca tasbih dapat membuat ibu hamil senantiasa berbaik sangka kepada Allah SWT, selalu berpikir positif apapun yang terjadi merupakan rencana Allah. Hal tersebut akan memberikan efek yang baik bagi janin. Tasbih dibaca 33 kali setiap usai menjalankan salat.

2. Tahmid

Lafal tahmid adalah Alhamdulillah. Tahmid artinya pujian. Alhamdulillah berarti segala puji bagi Allah SWT. Walaupun kalimatnya sederhana, tapi maknanya luar buasa, Bunda.

Hamdalah atau tahmid mengandung makna pujian dari makhluk, khususnya manusia kepada Sang Khalik. Dengan membaca tahmid, ibu hamil akan belajar bersyukur atas apa yang dijalani dan sadar bahwa semuanya adalah titipan Allah. Tahmid dibaca 33 kali usai setiap salat.

3. Tahlil

Kalimat tahlil, la ilaha illa Allah yang artinya tiada tuhan selain Allah. Mengutip laman resmi UIN Jakarta, kalimat ini menegasikan segala jenis Tuhan sekaligus menetapkan keesaan dan keagungan Allah SWT.

Sebagaimana firman Allan lewat QS al-Hujurat ayat 10, dengan bertakwa kepada-Nya sebagai modal terbaik, hamba dapat meraih kasih sayang Allah. Untuk itu, kalimat tahlil penting untuk ibu hamil baca sebanyak 33 kali usai setiap salat.

4. Taqdis

Taqdis berlafal Subhanal-Malkil-Quddus adalah zikir Rasulullah usai salat witir. Mengutip laman Sunnah,  Abu Dawud meriwayatkan dari Shu'bah, dari Qatadah, yang mengatakan:

Saya mendengar 'Azarah meriwayatkan dari Sa'eed bin 'Abdur-Rahman Ibn Abza, dari ayahnya Bahwa Rasulullah (saw) biasa membaca saat witir : Muliakan Nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi; dan Katakanlah: Hai orang-orang kafir!; dan 'Katakanlah: Dialah Allah, (yang) Esa.' Dan setelah selesai berdoa, dia mengucapkan: Subhanal-Malkil-Quddus (Maha Suci Yang Maha Kuasa, Yang Maha Suci) sebanyak tiga kali.

5. Takbir

Kalimat takbir atau lafal Allahu akbar, biasanya diucapkan setelah tasbih dan tahmid. Zikir ini diucapkan 33 kali usai salat. Allahu akbar bermakna Allah Maha Besar, mengingatkan ibu hamil akan kebesaran Allah. Bahwa, atas kebesaran Allah lah, janin dapat tumbuh kembang dalam rahim.

6. Hauqalah

Lafal Hauqalah adalah laa haula walaa quwwata illa billah. Dikutip dari buku Untaian Variasi Nama Bayi Islami, ibu hamil sebaiknya memperbanyak dzikir ini. Dapat dibaca sebanyak-banyaknya tanpa batasan jumlah dan merupakan suatu perbendaharaan dari banyak perbendaharaan Surga, dan khasiatnya sangat menakjubkan

7. Hasbalah

Hasbalah juga memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil. Mengutip detikcom, Allah SWT berfirman dalam Quran surat Ali Imran ayat 173 bahwa kalimat dzikir ini diucapkan umat Islam tengah dihadapkan peperangan. Ini bermakna, sebagai mahluk ciptaan Allah SWT, manusia hanya boleh berpasrah diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, kalimat Hasbunallah Wanikmal Wakil digunakan untuk menghadapi kesulitan.

8. Basmalah

Ibu hamil juga hendaknya sering mengucap bismillah ketika memulai segala perkara yang penting dan bermanfaat. Faedah zikir ini adalah agar senantiasa ibu hamil dijaga dari setan, sehingga tidak ikut melakukan aktivitas bersama orang yang membacanya.

9. Istighfar

Ibu hamil juga penting untuk memperbanyak istighfar yang berlafal astaghfirullah. Ini bermakna aku memohon ampun kepada Allah. Istighfar dibaca di waktu pagi dan petang.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga ketentuan membayar fidyah dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!