sign up SIGN UP search

kehamilan

9 Fakta dan Mitos tentang Kesehatan Gigi saat Hamil, Termasuk Gigi Patah

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 25 Jan 2023 18:45 WIB
Ibu Hamil Sakit Gigi 9 Fakta dan Mitos tentang Kesehatan Gigi saat Hamil, Termasuk Gigi Patah/Foto: Getty Images/iStockphoto/AndreyPopov
Jakarta -

Selama kehamilan, ibu hamil mungkin sering mendengar beberapa petuah dari orang tua. Misalnya saja tentang gigi patah saat hamil, entah itu berupa fakta atau mitos. Nah, agar bumil tak terjebak dengan mitos yang kerap diyakini selama ini, yuk simak fakta dan mitos tentang gigi patah saat hamil.

Bumil tentu sering mendengar ketika hamil kalsium di gigi Bunda tersedot janin. Ini yang membuat gigi bumil mudah patah atau tanggal alias copot. Ternyata itu hanya mitos. Faktanya, janin tidak dapat mencuri kalsium dari gigi bumil.

Lalu, apa saja fakta dan mitos yang berkaitan dengan gigi dan kehamilan? Simak penjelasannya yuk Bunda.


Fakta dan mitos tentang kesehatan gigi saat hamil

Melansir laman Myfamilydentistry, Dr Wesley Mullins, yang merupakan dokter gigi menjelaskan bahwa mitos gigi yang paling umum selama kehamilan dan menyusui antara lain gigi patah maupun bayi memiliki gigi lunak. 

Selama ini mitos yang beredar tentang gigi dan kehamilan itu adalah janin mengisap kalsium dari ibunya yang menyebabkan gigi bumil mudah patah atau tanggal. Namun fakta menunjukkan sebaliknya.

"Menurut sebuah studi tahun 2005 terhadap lebih dari 2.600 wanita hamil, jumlah anak yang dimiliki seorang wanita sebenarnya berkorelasi dengan risiko penyakit periodontal dan kehilangan gigi. Namun, ini bukan karena dia (ibu) kehilangan kalsium untuk anaknya," tulis Mullins.

Mullins bilang, para peneliti meyakini ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap hal ini. Menurutnya, bumil lebih rentan terhadap radang gusi, dan juga cenderung melewatkan janji temu gigi selama kehamilan, yang memungkinkan masalah yang sudah ada menjadi lebih buruk dan munculnya masalah baru.

Selain itu, ada mitos dan fakta lainnya yang berhubungan dengan gigi dan kehamilan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mitos: Bumil harus menghindari periksa ke dokter gigi

Fakta: Salah, bumil tetap harus periksakan giginya ke dokter gigi. Pastikan untuk menjadwalkan dan rutin memeriksakan ke dokter gigi untuk pemeriksaan, membersihkan, dan perawatan lainnya yang dibutuhkan bumil.

Selama kehamilan, bumil berisiko lebih tinggi terkena penyakit gusi, yang berhubungan dengan berat badan lahir yang rendah.

2. Mitos: Bumil tak perlu memberi tahu dokter gigi bahwa sedang hamil

Faktanya: Salah. Bumil sangat penting memberitahukan dokter gigi dan stafnya tentang kehamilan, usia kehamilan, serta apakah kehamilan bumil berisiko tinggi. Informasi ini akan membantu dokter gigi menilai opsi perawatan terbaik untuk bumil.

Klik halaman berikutnya untuk mengetahui mitos dan fakta gigi saat hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang penyebab Bunda hamil jadi mudah sakit gigi.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MITOS DAN FAKTA GIGI SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!