sign up SIGN UP search

kehamilan

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjalani Puasa saat Hamil, Kurangi Kafein Yuk

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 19 Mar 2023 19:15 WIB
Pregnant muslim woman with her muslim female doctor in clinic, Gynaecology consultation 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjalani Puasa saat Hamil/ Foto: iStock

Ibu hamil (bumil) ingin tetap menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Bunda menjalani puasa saat hamil.

Penelitian tentang puasa ini memang hasilnya berbeda-beda. Ada yang menyebutkan bahwa puasa tidak memengaruhi berat lahir bayi, tapi ada juga yang menyatakan belum jelas apakah puasa dapat berdampak pada kesehatan bumil ataupun janin di kandungan.

Dr.Sarah Schenker, Ahli Diet dan Ahli Gizi Kesehatan Masyarakat bersertifikat ini mengatakan terdapat beberapa perbedaan pendapat, sehingga para ahli merekomendasikan bumil tidak berpuasa selama kehamilan.


"Penting untuk diingat bahwa jika Anda sedang hamil, hukum Islam tidak mengharuskan Anda berpuasa. Anda bisa mengganti puasa nanti. Atau Anda bisa melakukan fidyah, yaitu cara mengganti puasa yang terlewat dengan memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan," jelas Schenker dilansir dari BabyCenter.

Menurutnya, jika bumil merasa tidak cukup sehat untuk berpuasa atau khawatir dengan kesehatan diri sendiri maupun janin di kandungan, bicarakan dengan dokter atau bidan sehingga dapat dilakukan pemeriksaan sebelum memutuskan. 

Ia bilang, memutuskan berpuasa atau tidak juga merupakan pilihan yang sangat pribadi. Bumil harus mempertimbangkan berdasarkan beberapa hal seperti tahap kehamilan atau bagaimana kondisi kehamilan sejauh ini.

Jika berat badan bumil sehat dan gaya hidup sehat secara umum, kemungkinan besar bumil dapat mengatasi puasa dengan lebih baik. Jangan lupa, janin membutuhkan nutrisi yang berasal dari ibunya, dan jika tubuh Bunda memiliki simpanan energi yang cukup, puasa kemungkinan akan berdampak lebih kecil.

Hal yang perlu diperhatikan ibu hamil sebelum puasa

Schenker menyebutkan, hal lain yang perlu diperhatikan sebelum bumil berencana berpuasa adalah:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Saat kontrol kandungan, sempatkan membicarakan rencana berpuasa ke dokter atau bidan. Kehamilan bisa menuntut tubuh bumil karena Bunda dan janin membutuhkan banyak nutrisi dan cairan.

Dokter atau bidan dapat membantu memenuhi kebutuhan diet ibu hamil. Dan bumil mungkin juga perlu lebih sering melakukan pemeriksaan selama puasa.

2. Bumil dengan diabetes

Jika Bunda ingin berpuasa, bicarakan dengan dokter atau bidan sebelumnya dan rencanakan makanan serta minuman dengan berhati-hati.

3. Mulai kurangi minuman berkafein

Jika ibu hamil biasanya minum minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan cola, sebaiknya kurangi sebelum berpuasa. Cara ini untuk mencegah sakit kepala.

Bumil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari saat hamil, yaitu sekitar dua cangkir kopi instan.Jangan lupa cokelat dan teh hijau juga mengandung kafein.

4. Bicarakan dengan atasan tentang pekerjaan

Apabila bumil bekerja, cobalah bicarakan dengan pimpinan tentang pembagian pekerjaan selama Ramadan. Bumil mungkin dapat mengurangi jam kerja atau istirahat ekstra.

5. Buatlah buku harian makanan

Mencatat buku harian makanan dapat membuat bumil tahu apa yang dimakan dan diminum.

Ketahui cara agar bumil bisa berpuasa dengan mudah dengan klik halaman berikutnya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Simak aturan puasa untuk ibu hamil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS AGAR PUASA LEBIH MUDAH & TANDA PERINGATAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!