kehamilan

3 Manfaat Ibu Hamil Buka Puasa dengan Air Kelapa, Perhatikan Batas Amannya ya Bun

Asri Ediyati   |   HaiBunda

Selasa, 28 Mar 2023 14:35 WIB

Jakarta -

Di bulan Ramadan, sebagian ibu hamil memilih untuk tetap berpuasa walaupun tidak ada kewajibannya. Seperti kita ketahui bersama, saat hamil, tubuh perlu cukup nutrisi dan cairan yang dibutuhkan. Tapi, tenang saja Bunda, dilansir laman Nutritions UK, penelitian lain tidak menemukan adanya perbedaan antara bayi yang dilahirkan dari ibu yang berpuasa dan yang tidak berpuasa Ramadan.

Selain itu dampak puasa selama kehamilan mungkin bergantung pada kesehatan ibu secara keseluruhan, tahap kehamilan, dan waktu Ramadhan terjadi (apabila Bunda berada di negara 4 musim).

Sayangnya, tak semua ibu hamil tahu bahwa puasa juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Nah, salah satu minuman yang dianjurkan untuk ibu hamil ketika berpuasa adalah air kelapa. Mengapa air kelapa?


Manfaat ibu hamil buka puasa dengan air kelapa

Dilansir Medical News Today, air kelapa mengandung beberapa nutrisi selain potasium, termasuk kalsium dan magnesium. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 600 mg potasium, sedangkan untuk konteksnya, pisang ukuran sedang mengandung 420 mg. Bagi ibu hamil yang ingin meningkatkan asupan kalium, air kelapa bisa menjadi pilihan yang baik.

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, terutama saat berpuasa. Lalu, karena ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah, dan bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain kalium, air kelapa mengandung kalsium yang mendukung kekuatan tulang dan gigi, dan membantu otot berkontraksi dan bekerja dengan baik. Satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 56 mg kalsium. Di air kelapa juga terdapat magnesium yang membantu memindahkan kalsium dan potasium ke dalam otot, dan juga membantu produksi energi dan fungsi organ. Satu cangkir air kelapa  sekitar 60 mg magnesium.

Namun, air kelapa bukanlah sumber kalsium atau magnesium yang terkonsentrasi, sehingga tubuh juga perlu menyerap nutrisi ini dari sumber lain.

Setelah tahu kandungan yang ada di air kelapa, ini menunjukkan bahwa ibu hamil akan mendapatkan banyak manfaat apabila konsumsi air kelapa ketika berbuka puasa. Berikut manfaat yang dapat dirasakan ibu hamil, dikutip dari Healthline:

1. Hidrasi

Tahukah Bunda, air kelapa terdiri dari sekitar 95 persen air murni? kata ahli diet Alyssa Pike, RD, manajer komunikasi nutrisi untuk Dewan Informasi Pangan Internasional, air kelapa] bisa menjadi pilihan selama kehamilan, karena menghidrasi dan menyediakan elektrolit.

Di sisi lain, tidak ada yang istimewa tentang kekuatan menghidrasi air kelapa dibandingkan dengan H2O yang baik. “Air adalah standar emas untuk hidrasi dan lebih murah daripada air kelapa,” kata Pike.

Ilustrasi Air KelapaIlustrasi Air Kelapa/ Foto: shutterstock

2. Mengganti elektrolit yang hilang

Elektrolit air kelapa dapat membantu sistem tubuh ibu hamil menjadi stabil. Ibu hamil sering membutuhkan elektrolit  tambahan seperti kalium, natrium, dan magnesium selama puasa untuk tetap stabil dan bugar. Seperti yang telah dibahas di atas, kalium berperan penting dalam tubuh, termasuk membantu fungsi ginjal dan kontraksi otot.

3. Mengisi kembali cairan yang hilang

Berpuasa seharian membuat tubuh kekurangan cairan, penting untuk mengisi kembali simpanan cairan tubuh. Air kelapa adalah salah satu minuman yang dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tetap terhidrasi dapat membantu Bunda:

  • meningkatkan tingkat energi
  • mendukung pencernaan
  • meningkatkan kognisi
  • mengurangi nyeri sendi
  • mengelola berat badan
  • mencegah batu ginjal
  • mengatur suhu tubuh
  • mengurangi terjadinya sakit kepala
  • meningkatkan kesehatan jantung

Jika Bunda ingin buka puasa dengan air kelapa, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan sebelum minum air kelapa untuk buka puasa. Klik di halaman berikutnya, ya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan video tentang fakta manfaat air kelapa untuk ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT