kehamilan

Apakah Ibu Habis Melahirkan Wajib Minum Jamu? Simak Penjelasan Dokter

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Senin, 08 May 2023 21:40 WIB

Jakarta -

Konsumsi jamu usai melahirkan disebut bisa membantu mengembalikan bentuk rahim. Beberapa bahan herbal di jamu juga dipercaya memiliki khasiat untuk melancarkan ASI.

Lalu, apakah wajib bagi Bunda untuk minum jamu usai melahirkan?

Menurut dr. Lestari Handayani, M. Med (PH) dan Dra. Suharmiati, Msi, Apt., dalam bukuĀ Cara Benar Meracik Obat Tradisional, ada beberapa macam jenis jamu dengan tujuan preventif dan promotif yang beredar di pasaran. Salah satu jamu dengan tujuan ini adalah jamu usai bersalin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Jamu habis bersalin dimanfaatkan untuk mengembalikan kesehatan ibu setelah mengalami persalinan," tulis Lestari dan Suharmiati.

Beberapa kegunaan jamu habis bersalin adalah untuk penambah darah, mencegah infeksi, menghentikan perdarahan rahim, dan menambah nafsu makan. Beberapa ramuan jamu juga diminum untuk mengembalikan bentuk tubuh.

Berdasarkan penjelasan di atas, penggunaan jamu setelah melahirkan diperbolehkan ya. Tapi, belum ada anjuran yang mengatakan bahwa penggunaannya wajib atau dapat dirutinkan, Bunda.

Minum jamu usai melahirkan juga enggak boleh sembarangan. Penggunaan jamu sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter karena bahan-bahannya bisa saja berbahaya dan mengganggu produksi ASI.

Bunda perlu tahu juga, jamu yang diproduksi dan didistribusikan di Indonesia dikenai aturan yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penjelasan tentang manfaatnya juga harus tepat di kemasan.

"Penjelasan tentang manfaat jamu hanya boleh disampaikan dalam bentuk mengurangi atau menghilangkan keluhan yang dialami seseorang," ujar Lestari dan Suharmiati.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan bahwa konsumsi jamu memang menjadi salah satu upaya promotif dan preventif. Berbagai manfaat bisa didapatkan bila kita mengonsumsinya.

Konsep pemanfaatan obat tradisional seperti jamu ini adalah melalui intervensi pada sisi host (manusia), yakni dengan mengoptimalisasi fungsi tubuh sehingga terbentuk kemampuan pertahanan tubuh yang dapat beradaptasi terhadap penyebab gangguan Kesehatan. Demikian seperti mengutip dari laman resmi Kemenkes.

Lalu apa saja jamu yang bisa dikonsumsi usai melahirkan, dan apa saja manfaatnya?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Simak juga 7 jamu yang perlu dihindari saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT